$100 pertama dari Google Adsense

Setelah sekian lama menunggu dan menunggu, akhirnya saya bisa juga mencairkan pendapatan dari Google Adsense, yang walaupun tidak sampai 4 digit angka dollarnya, namun cukup untuk menyenangkan hati juga. Google Adsense adalah program iklan yang di buat oleh Google Inc, dimana iklan-iklan dari Google akan muncul diblog mereka yang terdaftar sebagai anggota publisher Google Adsense.

Setiap klik pada iklan yang tampil pada sebuah blog, akan menghasilkan recehan dollar, dan recehan dollar inilah yang pada waktu yang telah ditentukan dan telah mencapai angka minimal $100, bisa dicairkan oleh pemilik blog itu. Pencairannya sendiri bisa dilakukan melalui pengiriman check, transfer bank atau melalui Western Union. Yang terakhir itu baru saja direalisasikan oleh Google beberapa minggu yang lalu.

Saya sendiri sempat kebingungan ketika mendengarkan cerita beberapa teman yang pernah berpengalaman mencairkan pendapatannya melalui check, karena ternyata bank akan melakukan verifikasi terhadap check tersebut dalam waktu yang cukup lama, yakni sekitar 3 bulanan, dan disertai potongan yang lumayan besar, sekitar 10% dari jumlah yang tertera pada check tersebut.

Ketika Google memutuskan untuk meralisasikan pengiriman dananya melalui Western Union, hatinya sungguh bergembira, karena selain bisa dicairkan di Kantor Pos terdekat, tentunya tidak perlu verifikasi yang rumit dan tidak banyak potongan. Dan ternyata harapan saya tersebut benar adanya, ketika saya datang ke Kantor Pos dan menyatakan ingin mencairkan dana melalui WU, pihak Kantor Pos hanya meminta 2 lembar foto kopi kartu identitas, bisa berupa KTP atau SIM, dan nomor pengiriman serta nama dan asal pengirim uang.

Oleh karena biasanya Kantor Pos seringkali menerima dana transfer dari para TKI diluar negeri, pihak Kantor Pos sempat bertanya-tanya kepada saya, nama pengirim uang tersebut. Dan dengan sedikit memaksa, saya bilang kalau tidak ada namanya, karena perusahaan dari Amerika yang kirim uang. Agak terasa aneh janggal juga kedengarannya, ketika banyak yang menerima uang dari berbagai negara yang menjadi tempat kerja TKI seperti Malaysia, Saudi Arabia, Hongkong dan Singapore,  sementara saya sendiri mengambil kiriman uang dari Amerika Serikat.

Setelah pihak Kantor Pos melakukan pengecekan, dan dinyatakan dana tersebut sudah masuk, saya bisa bernafas lega, karena sebelumnya pihak Kantor Pos agak menyangsikan transfer uang yang akan saya cairkan tersebut. Dan yang paling melegakan, saya hanya dikenai biaya materai sejumlah Rp. 6.000,- dan tidak ada potongan-potongan yang lain, sehingga pendapatan saya dari Google Adsense benar-benar utuh saya terima.

Did you like this? Share it:

7 thoughts on “$100 pertama dari Google Adsense

  1. bambang

    apakah blog yang baru dibuat, bisa dikutkan google adsense?saya pernah mendengar bahwa blog atau web harus sudah online minimal 6 bulan untuk bisa ikutan adsense?

    1. hoeda Post author

      sekarang kalau pake bahasa Indonesia udah ga bisa muncul lagi, jadi harus pake bahasa inggris dengan berbagai macam aturan baru hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.