Aplikasi Panduan Kebijakan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan

Ujian Nasional merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka memacu peningkatan mutu pendidikan. Ujian Nasional selain berfungsi untuk mengukur dan menilai  pencapaian kompetensi lulusan dalam mata pelajaran tertentu, serta pemetaan mutu pendidikan pada tingkat pendidikan dasar dan menengah, juga berfungsi sebagai motivator bagi pihak-pihak terkait untuk bekerja lebih baik guna mencapai hasil ujian yang baik. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya Ujian Nasional, siswa terdorong untuk belajar lebih baik dan guru terdorong untuk mengajar lebih baik pula.

Dari perspektif yang lain, informasi tentang peta hasil Ujian Nasional dapat digunakan sebagai umpan balik bagi semua pihak terkait dalam rangka memperbaiki kinerjanya masing-masing. Oleh karena itu, peta hasil Ujian Nasional merupakan bahan informasi yang perlu dikaji secara mendalam oleh semua pihak dalam rangka memperbaiki pembelajaran dan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Naskah panduan ini diharapkan dapat membantu pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengoperasionalisasikan CD yang berisi data Ujian Nasional. Selanjutnya, data hasil Ujian Nasional dapat dimanfaatkan secara maksimal baik yang sudah tertuang dalam panduan ini maupun dapat dikembangkan sesuai kebutuhan, untuk melakukan upaya-upaya perbaikan, sesuai dengan tugas dan peran masing-masing.

Sumber : Pendahuluan Panduan Kebijakan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan (KEMENDIKNAS)

Klik disini untuk download Buku Panduan Penggunaan Aplikasi

Klik disini untuk mendownload Aplikasi

Aplikasi ini memuat semua tingkatan pendidikan menengah, mulai dari  SMP dan MTs, SMA dan MA, serta SMK. Berisi informasi tentang hasil penilaian dan pemetaan daya serap mata pelajaran UN 2010 disetiap Kabupaten dan Kota diseluruh Indonesia.

Did you like this? Share it:

One thought on “Aplikasi Panduan Kebijakan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.