Aplikasi penting untuk perjalanan jauh

Arus mudik pada tahun 2016 ini diwarnai dengan berita mudik horor yang cukup membuat kita prihatin mendengarkannya. Sebuah nama menjadi legenda bagi para pemudik, BREXIT yang merupakan kependakan dari Brebes Exit, ada lokasi dimana kemacetan parah terjadi. Beberapa pemudik bahkan sampai tertahan selama lebih dari 24 jam dilokasi tersebut, diberitakan juga panjang kemacetan mencapai 30 kilo meter. Dalam bayangan kita pasti situasi itu akan sangat menyiksa, sementara kebutuhan pokok, seperti makan, minum BBM dan lain-lain pasti akan sangat susah untuk didapatkan.

Belajar dari pengalaman tersebut, bagi anda yang akan hanyut dalam arus balik 2016 tidak ada salahnya mempersiapkan perjalanan anda, terutama apabila anda akan melewati lokasi-lokasi legenda kemacetan horor yang sungguh sangat menakutkan itu. Salah satu persiapan yang bisa kita lakukan adalah, mempersiapkan aplikasi untuk mengetahui lokasi-lokasi mana saja yang sedang mengalami kemacetan parah.

Ada 2 aplikasi yang bisa kita gunakan untu mengantisipasi kemacetan ini, terutama bagi anda pengguna smrtphone. Yaitu Google Maps dan Waze. Keduanya dilengkapi dengan fasilitas untuk mengetahui lokasi-lokasi kemacte parah dijalanan. Apabila lokasi tersebut sednag macet, maka akan ditandai dengan warna merah pada jalan  yang akan anda lalui, maka sebaiknya anda mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan itu.

Berikut ini adalah tampilan aplikasi Google Maps, yang menampilkan beberapa lokasi kemacetan. APabila anda menggunakan aplikasi Google Maps, jangan lupa untuk mengaktifkan fasilitas Traffic untuk melihat kondisi jalanan yang akan anda lewati.

Screenshot_2016-07-07-06-21-04-664_com.google.android.apps.maps

Dan berikut ini adalah tampilan Waze dengan beberapa lokasi kemacetan panjang, dengan aplikasi ini, anda bahkan bisa berkomunikasi dengan para pengguna Waze lain yang sedang berada dilokasi kemacetan, untuk mengetahui penyebab kematan atau kondisi kemacetan yang sedang terjadi.

Screenshot_2016-07-06-13-58-04-838_com.waze Screenshot_2016-07-07-06-20-20-732_com.waze

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.