Babak baru metode pembelajaran diPonpes Al Bukhori

Setelah sekian lama diPondok Pesantren Al Bukhori Ganjaran Gondanglegi Malang menggunakan metode pembelajaran konvensional, akhirnya beberapa waktu yang lalu, para pengasuh dan pengurus sepakat untuk mempergunakan metode pembelajaran yang “baru” bagi kalangan pesantren, khususnya di daerah saya.

Pada masa-masa sebelumnya, para staff pengajar dipesantren hanya menggunakan metode “warisan” yang sebagian besar tidak lagi ampuh untuk melakukan transfer pengetahuan kepada para santri.Hampir sebagian besar pembelajaran menggunakan metode ceramah, dimana pendidik hanya menyampaikan materi dan menerangkannya, kemudian sekali-kali pendidik bertanya kepada para santri tentang daya serapnya. Tidak banyak yang bisa diharapkan dengan metode pembelajaran seperti ini, bahkan kadang sang pendidik bisa mengalami stress ketika santri tidak juga dapat menerima proses belajar mengajar itu, walaupun telah diajarkan berulang-ulang.

Pilihan para pengasuh dan pengurus  pondok pesantren al Bukhori, jatuh pada metode pembelajaran multimedia, dimana beberapa materi pembelajaran disampaikan melalui audio visual, seperti pelajaran Nahwu, Sharf, Fiqih, dan pelajaran-pelajaran keagamaan yang lain. Hal ini menjadi tantangan bagi saya, yang kebetulan diberi tugas untuk mencari materi-materi audio visual yang berkaitan dengan materi-materi keagamaan tersebut. Terlebih dengan berbagai keterbatasan, khusunya keterbatasan dana, cukup membuat susah juga. Sebab harga kepingan vcd audio visual tidaklah murah, apalagi kalau berisikan materi pembelajaran, belum lagi memebeli beberapa peralatan audio visualnya, sedangkan pendanaan tidak begitu besar, karena memang santri tidak ditarik dana terlampau besar. Bahkan beberapa materi harus dibuatkan sendiri materi pembelajarannya.
Namun demikian, bukan berarti metode pembelajaran konvensional ditinggalkan, ada beberapa materi pembelajaran yang tetap menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sehingga nantinya, dipondok pesantren al Bukhori, santri bisa menikmati metode pembelajaran tradisional dan modern.

Did you like this? Share it:

2 thoughts on “Babak baru metode pembelajaran diPonpes Al Bukhori

  1. Fa

    wah, selamat… selamat… atas metode barunya
    semoga bisa berjalan lancar 🙂

    doain yah biar ga malu2in ntar 😀

  2. Anonymous

    semoga berjalan dengan lancar
    dan juga tercapai sesuai dengan yang diharapkan

    Go GO GO…….!!!!!
    semangaaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.