Bagi yang malas mengetik ulang

Pernahkah anda mendapatkan tugas untuk mengetik ulang suatu berkas dokumen yang terdiri dari ratusan halaman ? tentu suatu tugas yang sangat berat rasanya, apalagi kalau file dari berkas tersebut tidak lagi bisa ditemukan, maka semakin berat saja rasanya tugas itu. Apalagi kemudian teringat betapa mudahnya kalau file dari dokumen itu masih ada didalam harddisk kita, maka kini bukan hanya rasa berat yang akan anda derita, tetapi bisa bertambah dengan derita-derita yang lain.

Tapi dengan adanya teknologi OCR (optical character recognition) hal tersebut tidak lagi perlu dirisaukan, karena hanya dengan berbekal sebuah scanner, dan software yang mendukung teknik OCR, kita bisa mendapatkan hasil scanning dokumen kita dalam waktu yang relatif singkat. Dengan syarat tentunya dokumen tersebut dapat dikenali jenis font atau hurufnya oleh software OCR, jadi paling tidak dokumen tersebut harus berupa buku cetak dengan huruf standart, bukan tulisan tangan atau tercetak dengan huruf yang tidak lazim.

Ada banyak jenis software OCR yang bisa kita gunakan, misalnya software yang sudah terbundle dalam Microsoft Office, yang bernama Microsoft Document Scanning. Atau bisa juga beberapa software yang lain, salah satu yang mempunyai akurasi yang patut diandalkan adalah ABBY Finereader.

Saya sendiri telah mencoba beberapa software OCR, namun pilihan akhirnya jatuh pada ABBY Finereader, karena akurasi cukup bisa meminimalisir kesalahan ejaan, ketika kita melakukan secanning dokumen yang berbahasa Indonesia.

Did you like this? Share it:

6 thoughts on “Bagi yang malas mengetik ulang

  1. durh5

    pertanyaan:
    teknologi bikin tambah kreatif penggunanya
    atau malah tambah bikin malas????

Leave a Reply

Your email address will not be published.