Bayar Pajak di SAMSAT Malang Selatan

Hari rabu, 26 desember 2007, aku berangkat ke SAMSAT Malang Selatan, yang kebetulan sudah pindah tempat, dari yang sebelumnya gabung dengan kantor POLRES, sekarang sudah punya kantor sendiri, tepatnya di dekat terminal Talangagung, Kepanjen Malang.

Tapi sayang sungguh disayang, hari itu hujan deras sekali. Hujan yang turun dengan derasnya sejak kemaren sore. Hatiku sudah was-was, jangan-jangan nanti kantor SAMSAT tutup atau libur???. Tapi dengan tekad membaja, dan semangat menggebu, aku bela-belain berangkat juga.

Sampai di Kepanjen, huajn masih turun dengan derasnya, dan bener adanya… Kantor SAMSAT masih sepi, aku tunggu beberapa saat, masih juga belum tampak kegiatan para pegawainya. Akhirnya aku coba jalan-jalan siapa tau ada info penting yang perlu aku ketahui. Wah, ternyata emang libur… liburnya 3 hari, dari anggal 24, 25 dan 26 Desember… jadi loyo deh…

Tapi paling tidak aku jadi tahu situasi kantornya, misalnya jalan masuknya dimana, parkir dimana, toilet dimana, jalan keluar dimana, dan macem-macem deh… Dan ada satu hal yang membuat aku cukup penasaran, ternyata SAMSAT Malang selatan ini juga menyediakan fasilitas DRIVE THRU, jadi intinya kalau mau bayar pajak kendaraan bermotor, tidak perlu turun dari kendaraanya, cukup menyiapkan ktp asli, BPKB asli dan STNK asli, langsung ngacir deh…

Dalam perjalanan pulang aku penasaran banget dengan fasilitas baru itu,  kira-kira apa akan berjalan lancar atau malah jadi merepotkan karena antrian kendaraan jadi panjang seperti uler ?

Keesokan harinya, kamis 27 Desmber, aku berangkat pagi-pagi sekali, agar cepat selesai, dan ketika aku tanya pad atukang parkir yang kebetulan orang madura itu, ternyata… drive thrunya baru mau dibuka sekitar bulan januari, yaaaahhhh… kecewa deh…

Tanpa babibu lag, aku langsung cari tukang foto copy, untuk fotocopy berkas-berkas kendaraanku itu, walaupun agak jauh, tapi dengan mudah bisa aku temui. Setelah fotocopy selesai, kemudian aku menuju loket pelayanan fomulir, tidak ribet dan tidak lama disitu, sekita 5 menitan sudah dapat formulir. Nah berikutnya pindah keloket pendaftaran, tapi aku tidak bisa langsung masuk, karena kantor utama SAMSATnya belum buka, akhirnya terjadi antrian yang cukup panjang, karena yang mau bayar bpajak juga sudah mulai berdatangan silih berganti. Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, barulah kantornya buka, tepat jam 8.00 pagi, tapi sayangnya antriannya tidak teratur, ada yang main serobot… sempat sibuk juga penjaga pintu kantornya, karena ada bebrapa orang yang mau nekat masuk tanpa lewat antrian.

Setelah menunggu dalam antrian, kurang lebih 15 menit, barulah aku bisa masuk dan menuju keloket pendaftaran. Begitu sampai dilket pendafataran, berkas-berkasku diminta, dan diberitahukan oleh petugasnya, bahwa untu perpanjangan STNK atau bayar pajak tahunan, tidak lagi memerlukan fotocopy… yah percuma deh aku foto copy. Dari loket pendaftaran, langsung pindah keKasir untuk bayar pajaknya, kemudian pindah lagi keloket pemberian stempel pengesahan faktur pembayaran. Selesai sudah, semua berjalan lancar dan cepat, tidak lebih dari 3 menitan. Jauh berbeda dengan tahun yang lalu, yang masih menghabiskan waktu sekitar 2 jam, hanya untuk perpanjangan STNK, bahkan 5 atau 6 tahun yang lalu, masih seharian untuk bayar pajak kendaraan.

Did you like this? Share it:

3 thoughts on “Bayar Pajak di SAMSAT Malang Selatan

  1. hoeda

    yang disukun juga sama mas,
    Polres atau Polresta Malang, sepertinya menerapkan standart yang sama, ada drive thru juga disana.

  2. Dani Ramadian

    Yg sudah online…
    DriveThru énak banget…
    Aq sudah nyoba n sip sekali…

    Gini dong pelayanan satu atap
    yang nggak ribet n mudah…

    Toh harapannya adalah menghimpun
    pajak dari warga. Apalagi yg SAMSAT
    CORNER di MOG itu juga jemput bola
    yang sip banget…

    Lanjuttttttt..

Leave a Reply

Your email address will not be published.