Belajar sejarah bersama Google Earth

Pernah dengar Google Earth kan ? itu loh program komputer yang bisa lihat peta dunia dalam bentuk foto satelit. Ya itulah Google earth, programnya selama ini gratis, kalaupun ada juga yang harus bayar, misalnya google earth pro atau plus, Cuma kalau sekedar untuk belajar cukup google earth yag standart aja. Program ini bisa didownload disitusnya google. Dan satu hal yang perlu diingat, karena program ini melakukan olah gambar, maka spek komputer pun harus cukup tinggi, agar tidak terlalu lama nunggu gambar yang muncul. Selain itu juga butuh koneksi internet, untuk mengambil gambar dari servernya google di Amrik sono.

Nah berkenaan dengan sejarah, ada beberapa orang yang membuat file yang berisi lokasi-lokasi yang dianggap penting dalam sejarah, juga dilengkapi dengan beberapa catatan yang cukup informatif. Saya sendiri saat ini sedang melihat-lihat lokasi-lokasi penting dikota Madinah, dan Lokasi-lokasi yang pernah didatangi oleh Rasulullah Saw. Memang tidak semua lokasi dapat ditemukan, tapi setidaknya dengan mengetahui lokasi-lokasi tersebut, timbul perasaan berbeda, daripada ketika kita melihat peta buta, seperti halnya yang terdapat pada buku-buku sejarah. Terasa lebih seru, lebih terharu dan lebih mengena di hati kita. Misalnya ketika kita melihat lokasi-lokasi yang dilewati oleh Rasulullah Saw saat beliau hijrah dari Mekkah ke Madinah. Sungguh tak terbayangkan kondisinya saat itu.

Nah kalau saya lihat di forum komunitas pengguna google earth di http://bbs.keyhole.com banyak sekali yang memberikan lokasi-lokasi bersejarah diseluruh dunia, bukan hanya sejara Islam saja, tetapi juga sejarah agama-agama yang lain. Sungguh merupakan suatu pengalaman dan ilmu baru yang patut kita rasakan.

Did you like this? Share it:

3 thoughts on “Belajar sejarah bersama Google Earth

  1. Jewel

    Gogle earth memang sangat bermanfat, sayangnya masyarakat Indonesia belum banyak yang bisa merasakannya karena Internet yang masih terlalu mahal.

    @: Harreee genee masih mau nyari yang murah ???

  2. pedhet

    iya.. iya … dengan google earth saya juga bisa tahu seperti apa dulu kalimantan..

    @: emang ente punya kampung halaman dhet ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.