Belanja Online OK, Tapi Hati-Hati…

Dengan semakin meratanya koneksi internet dikalangan masyarakat, maka penggunaannya juga sudah mulai merambah banyak hal dalam sisi kehidupan masyarakat. Tidak hanya digunakan untuk bermain media sosial, namun kini geliat perdagangan online juga mulai terlihat. Tidak hanya pemain besar, yang berdagang didunia maya ini, namun juga banyak masyarakat biasa yang menggunakan sarana internet untuk berdangang.

Barang-barang yang ditawarkan juga beragam, bahkan barang-barang yang ditawarkan di toko online, terkadang lebih cepat munculnya daripada yang ditawarkan ditoko-toko manual atau toko offline. Selain itu harga yang ditawarkan juga terkadang lebih menarik, karena mereka pedagang online ini tidak dibebani dengan biaya bermacam-macam, sehingga harganya juga bisa ditekan cukup banyak.

Namun ditengah kondisi yang menggembirakan ini, masih ada juga beberapa oknum yang memanfaatkan siatuasi dengan melakukan penipuan. Karena jual beli online ini memang sangat mengandalkan kepercayaan, dimana penjual dan pembeli tidak bertemu disatu tempat, sementara barang yang djual juga hanya bisa dilihat foto-foto dan deskripsinya saja. Hal inilah yang memang kadang menjadi sasaran empuk untuk melakukan penipuan terhadap pembeli-pembei baru yang belum berpengalaman membali barang secara online.

Ada beberapa ciri-ciri penjual yang kemungkinan besar akan melakukan penipuan sebagaimana dilansir oleh web www.polisionline.com, diantaranya :

  1. Toko online tersebut mempunyai alamat yang jelas.
  2. Harga tidak terlalu murah atau sebanding dengan toko online resmi lainnya
  3. Ada banyak testimoni asli dari para pembelinya.
  4. Livechat yang merespon langsung pertanyaan calon pembeli
  5. Cara menuliskan deskripsi barangnya meyakinkan
Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.