Berhati-hatilah dengan STROKE

Sekedar sharing…
Belajar dari pengalaman merawat orang tua saya yang beberapa minggu yang lalu mengalami serangan stroke, akhirnya saya bisa sedikit tahu tentang penyakit ini… mungkin sharing saya ini bisa bermanfaat untuk yang lain, bila ada keluarga, teman atau tetangga yang mengalami stroke.

1. Stroke yang umum ada dua macam; stroke penyumbatan pembuluh darah diotak dan stroke pecah pembuluh darah diotak. Inilah yang menyebabkan kerusakan bagian otak.
2. Salah satu tanda awalnya, tiba2 lupa, tiba2 seperuh badan tidak bisa bergerak, tiba2 cedal dalam berbicara, tiba2 penglihatan menurun dan gejala2 lainnya.
3. Penyebabnya bisa macam2, kebanyakan karena penyait kencing manis, kolesterol, darah tinggi dan beberapa penyebab yang lain.
4. Bila ada yang tiba2 mengalami stroke, segeralah bawa ke rumah sakit yag telah tersedia unit stroke, dokter hanya memberi waktu 3 jam sejak serangan, untuk pertolongan yang maksimal (golden periode), dan 6 jam untuk pertolongan yang optimal… bila lebih dari itu, kemungkinan bisa berakibat fatal bagi penderita menjadi lebih besar. jadi harus berpacu dengan waktu, jangan sampai telat…


5. Bila punya keluarga yang mempunyai penyakit yang bisa menyebabkan stroke, segeralah cari rumah sakit terdekat yang tersedia unit stroke, tidak semua rumah sakit punya unit ini… jadi kalau tiba2 kejadian mengalami stroke, bisa segera dibawa kerumah sakit tersebut.
6. Masa penyembuhan stroke, adala 4-6 hari, beriktunya adalah masa pemulihan selama 6-12 bulan, tergantung berbagai kondisi.
7. Walaupun bisa sembuh, tapi tidak semua orang bisa pulih seperti semula, terkadang ada kecacatan yang tersisa dari penyakit ini, bisa dibayangkan kalau bagian otak yang mengontrol semua gerak tubuh, tiba-tiba menjadi rusak alias korslet.
8. Keluarga harus banyak memberi perhatian kepada penderita stroke, agar tidak sedih dan depresi, karena kecacatan yang dialami akibat penyakit ini.
9. Perbanyak berdoa.
10. Mencegah lebih baik dan lebih murah daripada mengobati.
11. STROKE adalah salah satu penyakit pembunuh No 3 di Indonesia.
12. Tawakal dan usaha adalah jalan terbaik…

Semoga kita semua diselamatkan dari penyakit yang mengerikan ini, dan yang sudah sakit semoga segera disembuhkan oleh Allah SWT. Amin.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.