Bermanfaatkah Sosial Media kita ?

Sosial media adalah salah satu “kebutuhan” manusia diera globalisasi ini, walaupun mungkin pada awalnya hanya menjadi sebuat alat kesenangan saja. Namun seiring dengan perkembangan, beberapa dari kita mungkin akan mempertanyakan, apakah ada manfaatnya setiap hari bergelut dengan sosial media?

Salah seorang teman saya di sosial media memperlihatkan sikapnya yang menganggap manfaatnya hanya sedikit, lebih banyak mfsadat atau kerusakan yang ditimbulkan oleh “makanan” dari dunia maya ini. Sehingga sedikit demi sedikit dia mengurangi waktu untuk bersosialisasi di dunia maya.

Sementara bagi yang lain, sosial media merupakan sarana bersosialisasi yang sangat banyak manfaatnya, karena dengan sosial media dia dapat tetap menjalin komunikasi, berbagi pengetahuan, mendapatkan ilmu-ilmu baru, dan bahkan bagi beberapa orang dapat dijadikan sebagai lahan bisnis untuk mencukupi kebutuhan ekonominya.

Melihat kedua model sikap tersebut, maka besar tidaknya manfaat sosial media, akan kembali kepada penggunanya. Seberapa pintar dia memanfaatkan sosial media untuk meningkatkan taraf kehidupannya, baik dari sisi spiritual, sosial, budaya bahkan ekonomi.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.