Bikin blog sendiri

Sebenarnya sudah banyak yang memberikan tutorialnya secara lengkap, hanya saja mungkin ada yang kurang bisa memahaminya. Karena itu kali saya mencoba menuliskan pengalaman saya sendiri, ketika awalnya saya sendiri juga mencoba-coba untuk bikin blog di-wordpress.com, dan belakangan saya coba-coba juga untuk bikin blog yang alamatnya sesuai dengan keinginan saya sendiri, akhirnya jadilah blog ini dengan alamat http://hoeda.web.id.

  • Langkah pertama; kita daftarkan dahulu alamat yang kita inginkan di website PANDI sebagai institusi resmi yang mengelola domain diIndonesai (ID).
  • Langkah kedua; mencari persewaan hosting, yang sesuai dengan keinginan dan budget kita, hosting ini kita gunakan untuk menempatkan file-file blog kita, biasanya ada beberapa pilihan untuk server hosting ini, ada yang servernya di Indonesia (IIX), ada juga yang servernya diluar negeri, seperti Singapura atau bahkan di Amerika. Beda lokasi server, beda pula harganya, beda pula kualitas yang ditawarkan. Silahkan cari lewat Google untuk tempat-tempat persewaan hosting, sekalian juga perbandingan harganya.
  • Langkah ketiga; setelah kita dapatkan tempat hosting yang sesuai keinginan kita, berikutnya kita download installer CMS (content management system) yang bisa berupa WordPress, Joomla, Drupal, atau yang lain. Kalau anda menggunakan wordpress, silahkan download disini. Kebetulan saya sendiri menggunakan wordpress, karena fitur-fiturnya yang sederhana dan mudah dipahami.
  • Langkah keempat; mengupload file installer CMS yang sudah kita download, ketempat hosting kita. Akan lebih mudah bila proses upload menggunakan software FTP uploader yang banyak macamnya. Biasanya ketika software uploader sudah tersambung ketempat hosting kita, akan menampilkan beberapa direktori dan file-file penting yang sebelumnya sudah ada dalam hosting kita. Carilah folder public_html, selanjutnya ada upload installer WordPress tadi didalam folder itu, dan jangan lupa, sebelumnya ekstrak dulu file installer tersebut.
  • Langkah kelima; buka internet browser, dan masukkan alamat penginstalan misalnya http://alamatanda.web.id/wp-admin/install.php. Ikuti langkah-langkah selanjutnya proses instalasi tersebut.
  • Langkah keenam; setelah proses instalasi selesai, dan anda telah mendapatkan username dan password dari blog anda, segeralah login keblog anda untuk mulai melakukan peng-oprek-an blog anda.

Selamat ber-blog ria.

Did you like this? Share it:

11 thoughts on “Bikin blog sendiri

  1. mk

    Shoutboxnya bukannya pake jalenax? Di wordpressku gak ono tuh
    install plugin lagi..

    maksudku yo pasang plugin lagi, tapi bukan jalenax, ya wordspew itu…

  2. Ardian Eko Handoko

    Tanya pak, kalo plugin harus pake yang berbayar yah?

    Kayanya saya mau beli domain nih. Mupung kemarin dapet sangu dari seminar bank mandiri.
    Nanti disambung di YM ya! hehehe

  3. hoeda

    ya ada yang bayar ada yang gratisan
    soal iseng atau tidak itu tergantung orangnya, kalao saya sih saya
    niati berbagi ilmu, coba itug tuh berapa pahalanya kalau ilmu kita
    mengalir pada ribuan, ratusan ribu atau bahkan jutaan orang didunia
    maya….
    berapa pahala yang akan mengalir kalau ribuan atau jutaan orang tadi
    melaksanakan ajakan kebajikan kita lewat blog ?…
    nah belakangan aja kemudian blog bisa juga untuk nyari duit 😀

  4. BolaNaga

    kelemahan make blog hosting gratis masang plug-in susah 😀 , belum lagi ada banner iklan dari penyedia hosting blog , lebih baek pake berbayar ajah…

    numpang promo lapak link ya hud 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.