Cara aman bertransaksi di Internet

Maraknya transaksi online diinternet, tidak jarang juga memancing orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan, salah satunya adalah melakukan penipuan. Sudah banyak yang menjadi korban penipuan ini, kebanyakan adalah karena ketidaktahuan akan cara aman bertransaksi diinternet, dan ada juga karena kekurang hati-hatian, sehingga dengan mudah sang penipu melakukan aksinya.

Penipuan yang paling sering terjadi adalah, tidak dikirimnya barang-barang yang sudah dipesan, padahal pembayaran sudah dilunasi. Atau ada juga barang yang dipesan tidak sesuai dengan spesifikasi yang dicantumkan dalam iklan onlinenya, bahkan pernah ada kasus, seseorang memesan sebuah barang, dan ketika dibuka pembungkusnya, bukanlah barang yang dimaksud yang berada dihadapannya, tetapi seonggok batu bata yang dibungkus rapi.

Ada beberapa langkah aman untuk melakukan transaksi online ini, diantaranya :

  • COD (Cash On Delivery); adalah cara paling aman untuk melakukan transaksi online. isltilah lain dari COD ini adalah ada barang ada uang, layaknya kita membeli langsung dari penjualnya. Kita bisa melihat barangnya, bertemu penjualnya dan membayar langsung apabila ada kesepakatan
  • Rekber (Rekening Bersama); cara kedua yang juga aman adalah menggunakan jasa rekber. Banyak penyedia jasa rekber yang terpercaya, yang dapat menjadi perantara antara penual dan pembeli, untuk menghindari penipuan. Prinsipnya kita menitipkan uang pada Rekber, saat barang kita sudah sampai dan sesuai dengan kesepakatan, maka Rekber akan mentransfer dana kita kepada penjual, setelah sebelumnya kita memberitahukan pada Rekber bahwa barang sudah sampai dan dana bisa ditransfer. Oleh karena Rekber ini, adalah penyedia jasa, maka biasanya ada biaya tambahan jasa Rekber.
  • Carilah informasi lebih dahulu melalui internet, apakah penjual tersebut memang bisa dipercaya atau tidak. Karena pastilah kalau ada yang pernah tertipu, mereka akan menuliskan pengalamannya diinternet. Gunakanlah Google untuk mencari info ini, toh gratis kok.

Demikian seklas trik aman bertransaksi diinternet, semoga bermanfaat.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.