Cara Irit Menghemat Quota Internet

Setiap akhir bulan biasanya saya deg-degan kalau mau bayar rekening telepon, karena khawatir tagihannya membludak. Saat ini saya punya dua nomor telepon “rumahan”, yang kesemuanya pascabayar. Satu nomor telepon tetap dari Telkom, dan satu lagi nomor telepon pascabayar dari Starone. Nah, untuk nomor telepon yang terakhir inilah yang saya perlengkapi dengan fasilitas internet berquota 1gb perbulan, yang sebetulnya bisa dibilang kurang untuk kebutuhan internet saya. Belakangan muncul produk-produk paket internet yang sudah unlimited, tapi sayangnya harganya masih melangit, kalaupun ada yang murah, signalnya yang tidak sampai dikampung saya. Jadi untuk sementara waktu tetap bertahan dengan internet berquota ini, sambil menunggu perkembangan internet unlimited.Bulan lalu saya mengalami overquota yang cukup banyak, sehingga saya harus merogoh kocek lebih dalam lagi, karena tagihan internet yang membludak itu. Usut punya usut, ternyata saya punya beberapa utility untuk menghemat pemakain internet berquota ini, namun sayangnya tidak saya maksimalkan penggunaannya. Bulan ini karena terjadi overquota lagi, saya mulai menggunakan utility tersebut kembali, walaupun bisa dibilang terlambat.

Ada beberapa tips, program dan utility yang bisa dipergunakan untuk penghematan ini, diantaranya :

  • Matikan fasilitas penampakan foto atau gambar, flash, video dan sound.
  • Jangan terlalu sering melakukan download, kecuali kalau memang sangat dibutuhkan, dan jangan lupa gunakan program dowload manager, agar program yang kita download bisa dilanjutkan dowloadnya, tanpa harus mengulangi dari awal.
  • Gunakan software kompresi data, seperti onspeed, nitro dan toonel. Dua program pertama kita harus membayar apabila ingin menggunakanya, dan yang terakhir adalah versi gratis.
  • Gunakan browser yang bisa diutak-atik atau ditambah-tambahi dengan berbagai macam fasilitas, misalnya agar tidak menampilkan iklan, atau bagian-bagian yang tidak diperlukan dalam halaman web.
  • Sering-seringlah mencari informasi tentang internet unlimted yang murah, kalau sudah menemukannya yang cocok dengan kantong anda, segeralah tinggal internet berquota anda. hehehehe

Did you like this? Share it:

6 thoughts on “Cara Irit Menghemat Quota Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published.