Cara menangani charger laptop blinking

Laptop saya ini memang sudah agak berumur, setidaknya mungkin sudah sekitar 3 atau 4 tahunan sudah laptop ini bekerja nonstop, maka memang sudah sewajarnya kalau ada beberapa komponennya yang mulai minta pensiun. Akhir-akhir ini laptop kesayangan ini mengalami blinking saat di charge, indikasinya adalah lampu baterai dan lampu power berkedip-kedip. Ketika kedua lampu itu berkedip-kedip terus menerus, laptop saya ini tetap masih bisa digunakan, akan tetapi tidak ada daya yang masuk melalui charger, akibatnya power baterai semakin habis dan tidak bis diisi.

Belakangan setelah saya konsultasikan kesana kemari bahkan dibawa ke bengkel service, tidak ada jawaban yang memuaskan saya, semua jawaban masih meraba-raba, belum ada kepastian sama sekali tentang problem yang saya hadapi ini. Akhirnya dengan kenekatan yang sudah menumpuk dalam dada, saya ganti satu-persatu beberapa komponen ayng menyebabkan blinking ini. Setidaknya ada 3 komponen yang harus di periksa dan kalau perlu diganti, diantaranya :

1. Charger yang mulai trouble

2. Baterai yang mulai soak

3. IC charge yang sudah kembung

Sayangnya saya tidak menuruti urutan diatas itu, hal pertama yang saya ganti adalah baterainya, dan ternyata blinking masih terjadi. Berikutnya saya ganti charger, dan alhamdulillah blinking sudah tidak muncul lagi. Namun biaya yang harus dikeluarkan jadi cukup besar, tapi biarlah tidak mengapa, toh baterai saya juga hanya bisa bertahan 30 menit, sekarang setelah ganti baru, bisa bertahan sampai 3 jaman.

Bagi anda yang mempunyai masalah yang sama dengan saya, coba periksa komponen sesuai dengan urutan diatas, kalau bisa jangan beli komponennya lebih dahulu, pinjam saja ke teman, orang tua, saudara atau mungkin tetangga sebelah rumah yang memiliki laptop yang sama dengan kita. Selamat mencoba.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.