Cara mengamankan Facebook dari pembajakan

Belakangan ini seringkali kita menemukan peristiwa pembajakan akun Facebook yang cukup menjengkelkan, bisa-bisa akun yang berhasil dibajak itu digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab, misalnya digunakan untuk berjualan yang ujung-ujungnya adalah modus penipuan, atau bisa juga kadang digunakan untuk mengupload gambar-gambar porno, bahkan ada yang digunakan untuk menyaru sebagai pemilik asli akun, kemudian meminta sejumlah uang kepada beberapa teman dengan berbagai macam alasan.

Sebetulnya Facebook telah menyiapkan beberapa pengamanan agar akun facebook kita tidka mudah di bajak oleh orang lain, berikut beberapa langkah untuk mengamankan akun Facebook kita :

1. Buka setting akun Facebook

2. Buka bagian security

3. Klik Login Notification, dan aktifkan semua opsi yang ada, bisa lewat email atau lewat SMS. Kalau kita mengaktifkan pemberitahuan login lewat SMS, kita akan diminta nomor HP kita yang masih aktif. Nantinya setiap ada yang login di akun kita, dan dianggap tidak dikenali oleh Facebook, akan ada pemberitahuan lewat SMS ke HP kita.

4. Klik Login Approval, sekali lagi masukkan nomor HP yang masih aktif. Setiap kita menggunakan jenis browser yang berbeda, akan ada kode khusus yang diberikan oleh Facebook, yang hanya akan diterima melalui nomor HP kita tadi. Ikuti saja langkah-langkah aktivasinya.

5. Klik Trusted Contact, pilih beberapa teman yang terpercaya untuk membantu kita ketika kita sedang mengalami masalah, misalnya tidak bisa login, maka biasanya untuk mereset password, salah satu caranya adalah dengan bantuan beberapa teman terpercaya. Disini pentingnya memilih teman terpercaya untuk proses reset password.

Semoga dengan beberap alangkah diatas, akun anda terselamatkan dari tangan-tangan jahil.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.