Cara mudah membuat foto 360 derajat

Foto 360 derajat adalah foto panorama tentang suatu tempat yang memungkinkan kita untuk melihat tempat itu dari berbagai sudut, tidk hanya satu angle atau satu sudut pandang saja, Dengan kata lain, foto ini dapat kita putar kesegala arah, sesuka hati kita, bisa kekanan, kekiri, katas dan kebawah.

Dengan menggunakan kamera apapun, kita sebenarnya bisa membuat foto 360 derajat ini, tidak harus kamera yang bagus, seperti DSLR matau sejenisnya, bahkan dengan kamera HP-pun kita bisa membuat foto seperti itu. tentunya kalau menginginkan kualitas yang bagus, kita harus menggunakan kamera yang bagus pula.

Yang kita butuhkan dalam pembuatan foto 360 derajat ini adalah sebuah software yang bisa dengan mudah menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah foto panorama, beberapa diantaranya adalah autostich, Hugin, Kolor Autopano Giga, dan beberapa yang lain.

Langkah pertama adalah pengambilan foto secara keseluruhan dari sebuah lokasi yang ingin kita buat foto panoramanya, ambillah secara berurutan, bisa dari samping, atau dari atas kebawah, atau dari bawah keatas. Usahakan seluruh bagian dari tempat itu dapat diambil fotonya, tanpa terlewatkan. Karena kalau ada bagian yang tidak terfoto, maka hasil foto panoramanya akan bolong.

Pengambilan foto ini biasanya akan menghabiskan sekitar 30-70 frame atau bahkan bisa lebih, tergantung dari luas tempat itu. Saya sendiri biasanya mengabil foto berurutan dari atas kebawah, sebanyak 7 frame untuk satu arah mata angin, dikalikan 8 arah mata angin. Kalau tempatnya sangat luas dan memerlukan detail yang cukup, silahkan ditambah fotonya.

Setelah itu tinggal melakukan proses pembuatan foto panorama menggunakan software yang saya sebutkan diatas, salah satu yang biasa saya gunakan adalah Kolor Autopano Giga, dengan berbagai setting yang ada, saya merasa puas dengan hasilnya. Apalagi tidak banyak penyettingan yang harus saya lakukan, setidaknya kalau saya hitung, ada 3-4 kali klik yang saya lakukan untuk membuat sebuah foto panorama. Prosesnya tergantung kemampuan PC yang kita gunakan, karenanya gunakan PC yang cukup mumpuni untuk memproses sebuah foto panorama, agar prosesnya tidak terlalu lama dan hasilnya memuaskan.

Selamat mencoba.


Madrasah Raudlatul Ulum Putri in Indonesia

Did you like this? Share it:

14 thoughts on “Cara mudah membuat foto 360 derajat

    1. hoeda

      download softwarenya atau download fotonya gan?
      kalo download software, banyak kok gan di forum2 itu linknya…
      kalo download foto, ya tergantung dimana naruh fotonya… 

          1. Cozy_hendra

             gan saya sudah coba autopano giga, tapi ga’ ada yang free .. yang free cuma trial version, yang trial version ga’ bisa di save ..

    1. hoeda

      JPG gan, nanti kalau mau dilihat secra offline, tinggal export aja pake software jadi file flash, langsung bisa muter

  1. yaser

    mas , kok ga bisa d simpen ke format jpeg ya gambarnya . tau caranya gak ?> padahal punya saya sudah full version klo autopano nya , udah bisa save as , tp save as nya cuma ada file .pano sama *allfiles gt doang

    1. hoeda

      dirender mas, nanti langung ada pilihan mau disimpan dengan bentuk dna kualitas seperti apa..

  2. Abud Talang

    ternyata cantik juga foto seperti ni,,, tp saya setelah saya detail masih ada kekurangan,,,, bagian paling bawah kaki pakai sandal jepit ya

    1. hoeda

      iyaaaa… tapi ya ga usah disebutin lah sandal jepitnya… hahaha
      maklum ga punya tripod khusus, dna bikinya juga memang asal jadi saja hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.