Cloudflare; mengamankan dan mempercepat blog atau website anda

[FA_Lite id=”3296″] Performance, Security and Apps for any website, begitulah bunyi header tag yang menjadi semboyan utama jasa yang ditawarkan oleh Cloudflare yang beralamatkan di http://www.cloudflare.com. Cloudflare akan memberikan tambahan kecepatan dan keamanan bagi semua website yang didaftarkan ke komunitas Cloudflare. Pendaftarannya sendiri sangat mudah dan sederhana, terutama pada beberapa hosting yang telah dilengkapi dengan aplikasi Cloudflare, maka kita tinggal mengaktifkannya, dan bagi hosting yang tidak menyediakan aplikasi Cloudflare, mau tidak mau kita harus mendaftarkan website kita secara manual dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah tersedia pada website Cloudflare.

Kecepatan yang dijanjikan oleh Cloudflare adalah kecepatan proses loading oleh visitor terhadap website yang kita daftarkan, karena Cloudflare telah menyediakan server khusus untuk melakukan caching pada website tersebut, sehingga proses loading tidak akan berjalan langsung dari server hosting kita, tetapi berjalan dari server Cloudflare yang sudah dioptimasi sedemikian rupa. Proses Caching ini sangat penting terutama pada kebanyakan website yang berbasis PHP, dimana proses loadingnya akan berjalan lebih lama dan lebih berat pada server hosting.

Cloudflare juga menjanjikan keamanan untuk website kita, diantaranya dengan melakukan block terhadap bot atau crawler yang tidak dibutuhkan yang seringkali menyusup kedalam website kita, bot atau crawler ini minimal akan menghabiskan jatah bandwidth hosting kita, atau yang paling parah malah mencuri data-data dari website kita.

Ada dua macam jasa yang ditawarkan oleh Cloudflare, pertama jasa yang sifatnya gratis, dan kedua jasa yang berbayar, tentunya dengan beberapa kelebihan yang berbeda dari yang gratis. Untuk perbandingannya silahkan dilihat disini https://www.cloudflare.com/plans.html.

Did you like this? Share it:

2 thoughts on “Cloudflare; mengamankan dan mempercepat blog atau website anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.