Cukup 5 menit untuk perpanjangan STNK

Saya masih teringat ketika beberapa tahun yang lalu harus memperpanjang STNK atau membayar pajak tahunan kendaraan bermotor di Kantor Samsat Kabupaten Malang di daerah Kepanjen, butuh waktu hampir seharian untuk melalui berbagai macam prosedur yang diwajibkan, mulai dari pendaftaran, proses pengecekan administrasi, pembayaran dan sampai pada akhirnya menerima tanda pembayaran pajak resmi dari Petugas Samsat. Berangkat dipagi buta dan puiang sekitar jam 2 atau jam 3 siang, dengan segudang rasa capek yang memenuhi seluruh tubuh.

Kondisi tersebut jauh berbeda dengan kondisi saat ini, pada saat saya melakukan pembayaran pajak tahunan, tidak terlihat antrian dan tidak terlihat gerombolan para pembayar pajak sama sekali. Setelah saya perhatikan ternyata memang tidak memungkinkan adanya antrian, karena proses pembayaran pajak tahunan tidak sampai 5 menit juga sudah selesai.

Kebetulan saya membayar pajak tahunan ini melalui fasilitas drive thru yang memang sudah cukup lama disediakan. Dibagian drive thru ini ada 2 loket, 1 loket pendaftaran, dimana kita harus menyerahkan BPKB, STNK dan KTP asli kepada petugas, berikutnya petugas akan mencari data kita dalam database komputer yang sudah online, dan petugas juga melakukan scanning pada BPKB, STNK dan KTP asli kita, mungkin sebagai arsip dokumen, hanya butuh waktu sekitar 2 menit untuk proses ini. Selanjutnya kita disuruh pindah keloket 2 untuk melakukan pembayaran. Segera setalah petugas menerima pembayaran kita, bukti pembayaran pajak tahunan langsung di cetak, dan hanya butuh waktu tidak lebih dari 1,5 menit diloket ini, bahkan kalau saya hitung mungkin lebih lama proses menghitung uangnya daripada menunggu prosedur pembayaran dan pencetakannya.

Berikutnya, pembayar pajak bisa langsung meninggalkan tempat dengan nyaman. Dan saya lihat juga layanan drive thru ini tidak hanya dikhususkan bagi pemilik kendaraan roda empat, beberapa kendaraan roda dua juga tampak antri diloket yang sama. Pantas saja kalau akhir-akhir ini kantor Samsat ini tampak selalu sepi dari antrian pembayar pajak, ternyata peningkatan layanan menjadikan masyarakat bisa segera bergegas meninggalkan kantor Samsat untuk melanjutkan aktivitasnya sehari-hari.

Semoga pelayanan ini semakin meningkat dimasa yang akan datang. Bravo SAMSAT Kabupaten Malang.

Did you like this? Share it:

One thought on “Cukup 5 menit untuk perpanjangan STNK

Leave a Reply

Your email address will not be published.