Deklarasi HISSI Malang Raya

Bertempat di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, pada hari Sabtu tanggal 14 Juni 2008, Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syari’ah Indonesia atau disingkat menjadi HISSI, dideklarasikan pembentukannya untuk daerah Malang Raya. Setelah HISSI Pusat dideklarasikan pada tanggal 9 Desember 2007 dan dikukuhkan pad atanggal 15 Februari 2008.

Dekalarasi yang dihadiri oleh Ketua Umum HISSI Pusat, yaitu Prof. DR. KH. Amin Suma S.H., M.A., M.M. ini juga dihadiri oleh Rektor UIN Malang, Prof. DR. H. Imam Suprayogo M.A., dan beberapa pejabat teras UIN Malang, seperti Pembantu Rektor VI, dan dekan fakultas Syari’ah UIN Malang. Tidak lupa beberapa undangan dari berbagai perguruan tinggi lain di Malang Raya, diantaranya dai Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas islam Malang (UNISMA) dan STAI Al Qolam Gondanglegi.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Malang, membicarakan pentingnya masyarakat yang peduli dan berusaha mengembangkan ilmu pnegetahuan, karena hanya mereka yang memiliki ilmu pengetahuan yang akan bisa bertahan dimasa-masa yang akan datang. Sedangkan Ketua HISSI Pusat, dalam orasi ilmiyahnya, menceritakan asal-mula berdirinya HISSI, yang merupakan satu wadah bagi para sarjana syari’ah dan ilmuwan yang berkompeten dibidang syari’ah.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan buku yang ditulis oleh Ketua umum HISSI Pusat, berjudul ” Persembahan HISSI untuk Ummat & Bangsa Mandiri”, berisikan refleksi pembentukan HISSI, Visi dan misi, program kerja, dambaan karekter insan HISSI, AD/ART, dan beberapa lampiran yang terkait dengan HISSI.

Dengan mengusung misi ” Mewujudkan Tata Kehidupan Masyarakat Indonesia Yang Memahami, Menghayati, dan Mengamalkan Syariat Islam ” Hissi berupaya mewujudkannya melalui misi yang dibawanya nya, yaitu :

  • Melakukan pengkajian, peelitian dan pengembangan ilmu-imu syari’ah dalam konteks keIndonesiaan.
  • Meningkatkan kualitas usmber daya manusia/insani (SDM/SDI) yang kompten dibidang Syari’ah.
  • Memberikan landasan nilai-nilai kesyariahan dalam pembentukan dan pengembangan perundang-undangan di Indonesia.
  • Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi syariah
  • Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah, dalam dan luar negeri.
  • Memperkuat kelembagaan syariah (dan kesyariahan) di Indonesia.

Selamat atas terbetuknya HISSI Malang Raya.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.