Denah Makam Nabi Muhammad SAW

Bagi anda yang pernah datang berziarah ke Masjid Nabawi di Madinah al Munawwarah, tent tidak asing lagi dengan bagian masjid Nabawi yang bernama Raudlah, dimana didalam lingkungan Raudlah inilah sabda Rasulullah SAW dengan jelas mengungkapkan keistimewaan tempat tersebut. Rasulullah SAW bersabda : ” Tempat diantara rumah dan mimbarku adalah salah satu kebun dari kebun-kebun yang ada disurga”.

Maka tidak mengherankan apabila ratusan ribu umat muslim berbondong-bondong datang ketempat yang mulia tersebut untuk sekedar bedoa dan bermunajat ditempat itu, dengan harapan doanya akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Walaupun harus berdesak-desakan, karena luas raudlah tidak lebih dari 144 meter persegi.

Tempat ini berada dibagian depan sebelah kiri dari bagian depan Masjid Nabawi, dihiasi dengan ornamen-ornamen khusus dan karpet yang berbeda dengan bagian masjid Nabawi yang lain. Tiang-tiang ditempat ini memiliki ornamen berwarna hijau, demikian juga karpetnya lebih didominasi warna putih dan hijau. Warna karpet ini berbeda dengan warna karpet bagian masjid yang lain yang didominasi warna merah.

Disebelah kiri Raudlah terdapat makam Rasulullah SAW, Abu Bakar ra dan Umar ibn Khaththab ra. Ketiga makam tersebut berada dalam sebuah ruangan khusus yang dahulu kala adalah kediaman Rasulullah SAW. Sementara dibagian tengah Raudlah ada beberapa tiang yang menopang atap masjid, tiang-tiang tersebut bukanlah tiang-tiang biasa sebagaimana tiang-tiang yang ada didalam Masjid Nabawi yang lain, namun ada beberapa tiang istimewa didalam Raudlah yang menjadi penanda bahwa ditempat tersebut pernah terjadi peristiwa-peristiwa yang sangat istimewa. Tiang-tiang istimewa ini akan kita bahas dalam artikel yang lain.

Keterangan dari gambar diatas :

1. Mimbar Nabi Muhammad SAW

2. Mihrab Nabi Muhammad SAW

3. Ustuwanah A’isyah

4. Ustuwanah Abi Lubabah

5. Ustuwanah Mukhallaqah

6. Ustuwanah as-Sarir

7. Utuwanah al Muharras

8. Ustuwanah al Wufudz

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.