Depag Selenggarakan Program Dual Mode System Untuk Sertifikasi Guru

Jakarta, 15/10 (Pinmas)– Dalam rangka menuntaskan sertifikasi bagi para guru di lingkungan Departemen Agama, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan program dual mode system agar para guru memperoleh peningkatan kualifikasi sarjana strata satu (S1).

“Ini merupakan program darurat. Begitu sertifikasi tuntas, maka program langsung tutup,” kata Dirjen Pendidikan Islam Prof Dr Mohammad Ali saat meluncurkan program Dual Mode System untuk para guru di lingkungan Depag Jakarta, Kamis (15/10). Diharapkan, katanya, sertifikasi guru di Depag dapat dituntaskan pada tahun 2014.

Menurut Dirjen Pendis, program ini untuk membantu guru-guru yang belum berkualifikasi S1, karena itu bukan sebagai program permanen. Pasalnya, program pendidikan tarbiyah sudah cukup, apalagi jumlah mahasiswa pendidikan agama Islam mencapai 350 ribu orang.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan program ini perguruan tinggi agama Islam negeri (PTAIN) yang ditetapkan sebagai penyelenggara tidak boleh secara langsung merekrut mahasiswa, namun melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui tangan- tangannya baik di Kanwil maupun Kandepag. Penetapan PTAIN sebagai pelaksana program bertujuan agar ada jaminan kualitas bahwa program ini terselenggara dengan baik dan tepat sasaran.

Selain itu mahasiswa peserta program menggunakan modul Belajar Jarak Jauh. “BBJ ini tidak sama dengan kelas jauh. Kalau kelasa jauh kuliah asal-asalan, bahkan tidak pernah kuliah, tiba-tiba ujian, ini pelacuran sama dengan sampah perguruan tinggi,” urai Ali. Selain dengan modul, mahasiswa juga diharuskan kuliah tatap muka dengan dosennya di titik-titik yang ditentukan.

Menurut Ali, BBJ dibolehkan sesuai undang-undang, tetapi baru perguruan tinggi terbatas misalnya Universitas Terbuka. “Jadi kita harus urus izin, tapi pemerintah tidak sembarang urus ijin,” imbuhnya.

Pada tahun 2009 ini, kuota peserta pada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam seluruhnya berjumlah 10.000, terdiri dari 8.217 guru madrasah ibtidaiyah dan 1.783 guru pendidikan agama pada sekolah (PAIS) sekolah dasar. (ks)

Sumber

Did you like this? Share it:

3 thoughts on “Depag Selenggarakan Program Dual Mode System Untuk Sertifikasi Guru

  1. suwandi

    Tiada kata yang dapat melukiskan how i thankful to kemenag for launching this program. i am one of a lucky teacher can follow this DMS program. now I join in UIN maliki malang. wow great.

  2. Shodikun Ahmad

    DEPAG RI, MOHON DIPERHATIKAN NASIB KAMIGURU-GURU AGAMA YANG MENGAJAR DI SEKOLAH ISLAM SWASTA YTH. KEMENAG RI, MOHON DIPERHATIKAN KAMI GURU-GURU AGAMA ISLAM YANG MENGAJAR DI SEKOLAH ISLAM SWASTA, SUDAH 17 TAHUN KAMI MENGABDI, TAPI SAMPAI SEKARANG BELUM DIPANGGIL UNTUK PROSES SERTIFIKASI, PADAHAL TEMAN LAIN YANG LEBIH MUDA SUDAH DAPAT TUNJANGAN SERTIFIKASI, KAMI TETAP KOMITMEN UNTUK MEMAJUKAN BANGSA LEWAT PENDIDIKAN, MESKIPUN BELUM DAPAT TUNJANGAN SERTIFIKASI.

  3. Zein Zainah Zh

    Semoga kita bisa belajar dari kesalahan dimasa lalu jgn sampai terulang pendataan yg asal-asalan yg akibatnya bisa merugikan kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published.