Dubai; dari nol hingga menjadi keajaiban dunia

Dubai adalah salah satu kota terpadat di Uni Emirat Arab, terletak dipantai selatan teluk Persia di Semenanjung Arab. Negara ini mendapatkan pemasukan terbesarnya dari komoditi turisme, perdagangan, real estate dan penyediaan jasa keuangan. Selain itu juga ada pemasukan dari penjualan minyak bumi yang mereka miliki.

Pada beberapa tahun terakhir ini, Dubai sedang giatnya melakukan pembangunan gedung-gedung pencakar langit yang berjumlah ratusan, beberapa diantaranya diperuntukkan bagi hunian dinegara tersebut. Berikut foto-foto pembangunan yang sedang berjalan dan yang akan dilaksanakan di negara tersebut.

Foto ini adalah sebuah jalan di kota Dubai pada tahun 1990 (Klik gambar dibawah ini untuk memperbesar)

Jalan yang sama pada tahun 2003

Jalan yang sama pula pada tahun 2008

Saat ini Dubai diperkirakan memiliki 15-25% crane yang ada diseluruh dunia, bisa dibayangkan berapa banyak bangunan yang sednag dibangun menggunakan crane tersebut.

The Dubai Waterfront. Apabila selesaim pembangunan wisata air ini akan menjadi wahana wisata air terbesar didunia.

Semua ini dibangun hanya dalam waktu 5 tahun, termasuk pulau buatan yang terlihat seperti pohon palem itu.

The Palm Islands in Dubai. Sebuah teknologi pengerukan terbaru dari Belanda dipergunakan membuat pulau buatan ini. Pulau buatan ini adalah pulau buatan terbesar didunia yang bahkan dpaat dilihat dari angkasa. Tiga pulau buatan sedang dibangun dan satu diantaranya adalah pulau buatan terbesar.

Setalah pembangunannya selesai, resor ini akan menampung 2,000 villa, 40 hotel mewah, pusat perbelanjaan, bioskop, dan beberapa fasilitas yang lain.  Semua ini dipersiapkan bagi sekitar 500.000 orang yang akan tinggal dan beraktifitas ditempat tersebut.

The World Islands. adalah sebuah maket dari benua dan pulau-pulau didunia, setiap pulau diperkirakan berharga $25-30 juta.

The Burj al-Arab hotel. Adalah salah satu hotel tertinggi didunia, hotel yang memiliki 7 bintang ini adalah satu diantara hotel termewah didunia. Hotel ini dibangun diatas pulau buatan.

Hydropolis, adalah hotel bawah air pertama didunia. Secara keseluruhan, hotel ini dibangun diJerman dan dirakit kembali di Dubai, diperkirakn hotel ini akan selesai pada akhir tahun 2009.

The Burj Dubai. Pembangunan konstruksinya dimulai tahun 2005 dan selesai pada tahun 2009. Tinggi gedung ini mencapai 816 meter, dan menjadi salah satu gedung tertinggi didunia saat ini.

Gambar berikut ini memperlihatkan kota dubai pada tahun 2008-2009, saat itu diperkirakan 140 bangunan disekitar Burj Dubai telah selesai dibangun.

 

The Al Burj. Bangunan yang masih dalam perencanaan ini akan dibangun didekat whana wisata air Dubai Waterfront. Apabila pembangunannya selesai, maka bangunan ini akan mengambil alih sebutan gedung tertinggi didunia dari Burj Dubai.

Bangunan ini diperkirakan akan memiliki ketinggian 1200meter, 30% lebih tinggi dari Burj Dubai dan tiga kali lebih tinggi dari Empire State Building.

The Burj al Alam, atau The World Tower. Adalh salah stau hotel tertinggi diduniam diperkirakan akan selesai pada tahun 2009. Memiliki ketinggian hanya 480 meter.

The Trump International Hotel & Tower, akan menjadi salah satu banguna dipusat pulau palm, The Palm Jumeirah.

Dubailand. Saat ini taman hiburan terbesar didunia adalah Walt Disney di Orlando, Amerika Serikat. Yang juga merupakan satu perusahan dengan karyawan terbanyak di Amerika, yitu sejumlah 58.000 karyawan. Dan Dubailand akan dibangun dua kali lebih besar dari Walt Disney.

Dubailand akan dibangun diarea seluas 107 mile persegi dan diperkirakan akan menghabiskan dana  $20 milliar. Dalam proyek ini akan dibangun 45 mega proyek dan 200 proyek yang lebih kecil  skalanya.

Dubai Sports City. Sebuah sarana olah raga yang sangat komplit yang akan dibangun di Dubailand.

Saat ini Walt Disney adalah satu-satunya tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi oleh turis dari seluruh dunia, pada saat Dubailand selesai dibangun, ia akan mengambil alih rekor tersebut, diperkirakan tempat wisata ini akan dikunjungi 200.000 turis setiap harinya.

The Dubai Marina adalah proyek lain diDubai yang juga akan berisi sekitar 200 bangunan pencakar langit, pembangunannya diperkirakan akan selesai pada 2009-2010.

The Dubai Mall akan menjadi  pusat perbelanjaan terbesar didunia dengan luas 9 juta kaki  persegi dengan kurang lebih 1000 toko didalamnya.

Ski Dubai, saat ini telah dibuka dan merupakan wahana ski indoor terbesar didunia.

Beberapa bangunan encakar langit yang akan dibangun di Dubai Marina adalah hunian, diantaranya  Ocean Heights and The Princess Tower, yang terdiri dari kurang lebih 100 proyek didalamnya.

The UAE Spaceport akan menjadi lapangan olah raga diluar angkasa yang akan dibangun pertama kalinya didunia.

Source : hoeda.info

Did you like this? Share it:

3 thoughts on “Dubai; dari nol hingga menjadi keajaiban dunia

  1. sishyl

    sumpaaaaaaaaaaahhh…
    dubai kren gilaaaa_ hehe
    hotel bwah laut nya,, uuum kpn ya k sna?? hhheee

Leave a Reply

Your email address will not be published.