Hari Ke-2 PLPG

Hari ke 2 Pendidikan dan latihan Profesi Guru ini terasa semakin padat dan melelahkan, karena kegiatan dimulai sekitar jam 07.00 dan berakhir pada jam 19.30. Kegiatan diawali dengan tes tulis materi pengembangan profesionalitas guru, kemudian dilanjutkan dengan materi Pendalaman Materi Bidang Studi. Materi pertama di berikan oleh Prof. DR. Hariyono, M.Pd., yang memberikan pendalaman materi sejarah.

Kebetulan kelas saya yaitu Rombongan Belajar (Rombel 7) terdiri dari para guru bidang studi Sejarah dan Sosiologi, setidaknya ada 10 rombel peserta diklat yang ditempatkan di Hotel Victory, tiap rombel terdiri dari 10-30 orang peserta diklat. Peserta diklat tidak hanya datang dari Malang saja, tetapi juga dari beberapa daerah lain yang keikutsertaan sertifikasinya masuk ke Rayon 15 Universitas Negeri Malang, misalnya dari Blitar, Kediri, Ponorogo, Magetan, pacitan, Lumajang dan Probolinggo.

Materi Pendalaman Materi Bidang Studi ini menghabiskan waktu sehari penuh, yang terdiri dari dua bagian, yakni pemberian teori diawal pertemuan dan pada paruh kedua dilanjutkan dengan praktek, yang dalam hal ini diisi dengan diskusi para peserta diklat, dan diakhiri dengan presentasi hasil diskusi.

Dihari pertama ini, situasi kelas berhasil dikondisikan menjadi kelas yang semarak dan humoris, sehingga tidak terasa kalau sebenarnya materi diklat ini cukup melelahkan. Kondisi ini tetap diupayakan untuk tetap dalam kondisi seperti itu sesuai dengan komitmen peserta diklat rombel 7, mengingat dihari-hari berikutnya materi yang disampaikan akan semakin berat, apalagi ditambah dengan kepadatan jadwal yang sangat ketat.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.