Haul Syaikh Isma'il bin Abdullah

Bertepatan dengan hari sabtu tanggal 11 April 2009, acara haul Syaikh Isma’il bin Abdullah kembali dilaksanakan didusun Kebun Timur Desa Umbul Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Madura. Acara ini memang menjadi agenda rutin keluarga besar kami, yang diadakan dua kali dalam setahun, sekali diadakan dikampung halaman beliau diMadura, dan sekali diadakan di pulau Jawa.

Syaikh Ismail bin Abdullah, adalah seorang warga masyarakat biasa, yang bukan berasal dari kalangan ningrat atau priyayi, dan bukan pula berasal dari kalangan agamis. Hanya kerena ketulusan dan keteguhannya hatinyalah untuk menuntut ilmu, dimasa-masa berikutnya beliau memetik buahnya dalam bentuk keshalehan anak cucunya yang sebagian besar menjadi  tokoh agama dan tokoh masyarakat. Setidaknya puluhan dari anak cucu beliau mengasuh pesantren dan lembaga pendidikan, bahkan beberapa diantaranya menjadi mursyid thariqah.

Semua itu adalah keberkahan dari usaha dan doa beliau bagi anak cucunya, sehingga sudah sepantasnya bagi anak cucunya untuk membalasnya, setidaknya dengan mengadakan doa bersama dan bersilaturrahmi antar keluarga yang berdomisili diberbagai daerah diseantero nusantara. Bahkan dalam acara haul kali, terlihat beberapa anggota keluarga yang berdomisili di Makkah Saudi Arabia, juga tampak hadir.

Dalam kesederhanaan dan kesahajaan, acara ini berlangsung khidmat, diawali dengan membaca al-quran bersama, masing-masing orang yang hadir kebagian membaca 1 juz alquran. Dilanjutkan dengan pembacaan doa, yang dipimpin oleh para sesepuh keluarga, diantaranya KH. Darwis dan KH. Mudjtaba. Berikutnya adalah pembacaan silsilah keluarga, sehingga masing-masing anggota keluarga faham hubungan kekerabatannya dengan keluarga yang lain. Dan acara terakhir adalah ramah tamah, yang diisi dengan makan bersama dan bersilaturrahmi antar keluarga besar itu.

Klik gambar dibawah ini untuk memperbesar.

Did you like this? Share it:

One thought on “Haul Syaikh Isma'il bin Abdullah

  1. abd halim

    assalamu alaikum
    alhamdulilah saya ketemu dan mampir di blok anda
    saya sudah lama cari informasi tentang kiai ismail ini saya adalah salah satu alumni ponpes ini
    skrg sya ada di luar negri yg khilangan kabr dngn psantren
    sekira nya juragan punya no tlp ponpes hub
    ni email saya huntress_kalem@rocketmail.com
    trimaksih

Leave a Reply

Your email address will not be published.