Instalasi wordpress di webserver

Beberapa hari ini, saya sempat kebingunagn dengan problem instalasi wordpress di webserver yang saya buat. Kebetulan dilingkungan sekolah tempat saya “bekerja” sudah tersedia jaringan LAN, saya beranikan diri untuk mencoba-coba bikin webserver, sekalian sebagai realisasi rencana penggunaan TIK untuk administrasi sekolah.

Langkah awal saya menginstall software apache2triad yang sudah sejak lama saya dapatkan dari mas kurni,  sebenarnya beberapa waktu yang lalu saya sudah mencoba instalasi webserver dengan berbagai softwar yang lain, seperti Xampp atau IIS, tetapi selalu mengalami kegagalan. enatah mengapa, ketika saya berniat membuat webserver ini, instalasinya berjalan lancar dan webservernya juga running dengan normal.

Setalah proses instalasi webserver selesai, saya muali mencoba bebrapa CMS, seperti wordpress, Joomla dan Mambo untuk management  informasinya, rencananya informasi ini akan saya sharing via LAN, sehingga masing-masing client bisaikut berpartisipasi meramaikan sharing informasi ini.

Masalah mulai datang ketika saya mencoba melihat hasil jerih payah bikin webserever tadi dari client atau komputer lain didalam jaringan tadi, hasilnya hancur lebur… theme tidak berfungsi dengan normal, hanya plain text yang muncul. Sudah dicoba untuk mengganti berbagai CMS, hasilnya tetap sama. Akhirnya saya putuskan untuk tanya kebeberapa teman dan forum. Namun jawabannya beragam, ada yang bilang webservernya tidak jalan, ada yang bilang perlu bikin virual host, dan beragam jawaban yang lain, tapi yang jelas tidak ada yang bisa menyelesaikan masalah itu.

Akhirnya saya coba utak-atik sendiri, saya ganti URL wordpress di bagian Options-General, yang sebelumnya beralamat seperti ini  http://127.0.0.1/(path blog), saya coba ganti dengan nama komputer yang menjadi webserver, sehinga menjadi http://ypru/(path blog). Dan horeeeee….. semua berjalan normal dan lancar, baik dari sisi webserver maupun dari sisi client.

Did you like this? Share it:

One thought on “Instalasi wordpress di webserver

Leave a Reply

Your email address will not be published.