Internet banking; serasa mempunyai ATM pribadi

Internet Banking atau online banking adalah salah satu layanan yang disediakan oleh perbankan atau penyedia jasa keuangan lain yang sangat memudahkan dan memanjakan pelanggannya. Pelanggan dapat melakukan transaksi secara online melalui situs yang disediakan secara khusus oleh pihak bank dengan tingkat keamanan tinggi, sehingga diharapkan tidak bisa dibuat main-main oleh para peretas website.

Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh pihak bank dalam layanan internet banking ini, sehingga seakan-akan pelanggan mempunya ATM pribadi, hanya saja tidak bisa mengeluarkan uang secara fisik. Hampir semua transaksi perbankan dapat dilakukan melalui internet banking, mulai dari pembelian barang atau jasa, berbagai macam pembayaran, e-commerce, transfer dana, informasi transaksi rekening, informasi kartu kredit, dan layanan-layanan lain dari bank yang memungkinkan dilakukan secara online.

Namun tidak semua layanan internet banking itu bisa dinikmati oleh semua pelanggan, diantaranya jika pelanggan bermaksud melakukan transaksi finansial, maka pelanggan diharuskan memiliki token key, yaitu semacam alat khusus untuk memproteksi keamanan transaksi itu. Token key ini akan memunculkan kode-kode khusus  seperti PIN yang akan diminta oleh website internet banking pada saat kita melakukan transaksi finansial. Dan token key ini tidak tersambung secara online, sehingga keamanannya dari para peretas dapat diandalkan.

Gambar token key

Selain itu pihak bank juga dapat memberikan layanan yang lebih lengkap sesuai dengan kebutuhan pelanggan, karean itu kebanyakan pelanggan yang menggunakan internet banking akan dibedakan menjadi pelanggan individual dengan layanan standart, dan pelanggan korporat dengan beberapa layanan tambahan yang tidak terdapat pada layanan pelanggan individual.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.