Kabel data error

Kemarin malam, ketika mau online, tiba-tiba modem ku tidak bisa dikenali oleh PCku. Awalnya aku kira karena ada kesalahan pada drivenya, aku coba untuk install ulang driver kabel data itu. Bahkan aku coba untuk menggunakan beberapa USB yang tersedia, tapi tetap saja dikenali sebagai Unknown USB Device. Kemudian aku coba di komputer yang lain, tapi hasilnya juga sama.

Kabel data ini memang aku beli yag murah-meriah, aku beli sekitar 5 bulan yang lalu. itupun bukan yang original, tetapi beli yang abal-abal buatan china. Mungkin karena murah meriah itu, kabel data ini tidak kuat kalu dipake terus-terusan, apalagi kemudian seingkali di pasang dan dilepas di HP yang juga menjadi pasangannya.

Aku sempat bertanya kesana-kemari, untuk memastikan apakah ada yang salah dengan kabel dataku itu, dan apa ada kemungkinan untuk bisa disembuhkan. Tetapi aku tidak bisa mendapatakan jawaban yang memuaskan dan bisa jadi solusi.

Akhirnya dengan tekad bulat, aku beli lagi kabel data baru jenis CA-42, diperokoan komputer Matahari Pasar Besar Malang, harganya sudah turun dibanding 5 bulan yang lalu ketika aku beli pertama kali. Waktu itu, aku beli seharga Rp. 47.500, tapi sekarang harganya sudah Rp. 40.000,- itupun mungkin masih bisa lebih turun lagi harganya bila saja aku mau berkeliling untuk mencari toko lain yang jual lebih murah, tapi karena kecapean sepulang dari sekolah tadi, akhirnya dibeli juga tuh kabel data.

Begitu dicoba dirumah, aku sempat dag-dig-dug juga, karena khawatir kabel data yang baru ini juga ga bisa dipake. Aku sambungkan kabel data itu dengan HP bututku, Nokia 6015i, yang memng sudah jadi pasangannya sejak 5 bulan yang lalu, terus aku sambungin kelaptop… dan… tarrrraaaaa… langsung bisa online tuh, Alhamdulillah…

Did you like this? Share it:

9 thoughts on “Kabel data error

  1. septianw

    Wah dulu sering tuh masalah gini. tapi sekarang udah gak lagi.

    namanya juga murah yang pasti murahan lah
    ono rego ono rupo 😀

  2. Andy

    mas bantuin saya dunkz…

    saya pake vista n cable DKU5 n ampe skrng blom dapet driver yg pas????

    cable na DKU5 jenis USB-UART???

    gmna tuh mas?????

  3. imampati

    terima kasih atas semua infonya ttg koneksi internet via hp nokia 2280 dan sejenisnya. Tapi ada yg saya belum bisa coba, DRIVER MODEM YG DISEDIAIN MAS HOEDA KOK KBTULAN SAYA BUKA cuman notepad aja?
    driver modem cdma2000-1x

    apa saya salah setting atau gimana
    (mohon dikirim driver modem nya Mas)

    terima kasih………….

  4. hoeda

    @imampati

    memang cuma 1 file gitu kok mas
    itu cara installnya pake cara manual, tidak pake cara otomatis
    jaid ketika add modem, janagn pake autodetect, jadi nanti lokasi
    driver modemnya diminta.

  5. edy purwaka

    Wah mas Hoeda pake Nokia 6015i juga ya? persis seperti kaya punyaku. punyaku juga udah butut banget. kadang LCD gak kelihatan, baterainya juga udah -jueelekk banget.

    Kebetulan aku pake kabel MA yang bisa langsung nge-charge. jadi gak terlalu masalah dengan kondisi baterai yang super soak.

    Note:
    kartu ; Starone
    modem : nokia 6015i with Kabel MA
    OS: Windows XP SP3

Leave a Reply

Your email address will not be published.