Masjid Agung Negara UEA di Dubai

Masjid ini bernama Sheikh Zayed Grand Mosque, terletak dikota Dubai, UEA (Uni Emirated Arab). Syaikh Zayed adalah pendiri UEA, karena itu tidaklah mengherankan kalau beliau mendapatkan penghormatan dengan didirikannya masjid ini. Mulai dibuka pada Desember 2007, masjid ini memiliki luas total 22,412 m², atau setara dengan lima kali luas lapangan sepakbola, dengan kapasitas 40.000 jamaah, dan termasuk salah satu dari 10 masjid terbesar didunia.

Masjid ini memiliki empat menara disetiap pojoknya, dengan ketinggian masing-masing menara 107. Juga terdapat 57 kubah yang berada disekeliling halaman, bangunan utama dan pintu masuk masjid. Semua kubahnya dihiasi dengan marmer putih, dan bagian dalamnya dihiasi dengan gypsum putih yang indah. Halaman masjid seluas 17.000 meter persegi, juga dihiasi dengan marmer bermosaik atau berlukis.

Masjid ini setidaknya dinominasikan untuk mendapatkan 3 rekor dunia dari Guinness Book of World Records, diantaranya memiliki karpet terbesar didunia, lampu gantung terbesar didunia dan kubah terbesar didunia.

Karpet terbesarnya seluas 6.000 meter persegi tanpa putus, dibuat dengan tangan dengan motif Persia. Tidak kurang 1200 orang wanita Iran yang mengerjakan karpet ini selama hampir 2 tahun, dengan berat mencapai 45 ton. Karpet ini diletakkan dibagian dalam masjid yang sanggup menampung 9.000 jamaah.

Kubah terbesarnya, adalah kubah utama yang merupakan kubah masjid terbesar didunia, dengan tinggi 75 meter dan diameter 32,2 meter.

Dan lampu  gantung terbesarnya, adalah salah satu dari 7 lampu gantung buatan Jerman, dengan panjang 10 meter, lebar 10 meter dan beratnya mencapai 9 ton, diperkirakan harganya mencapai Rp. 100 milyar.

Namun demikian ada sedikit kekalutan dalam hati saya melihat masjid yang begitu megahnya dibangun, karena ada sebuah hadits yang menyatakan bahwa salah satu tanda-tanda akhir zaman adalah dibangunnya masjid-masjid yang megah, dan manusia berlomba-lomba membangun menara setinggi-tingginya.

Berikut ini adalah gambar-gambar interior maupun eksteriornya, silahkan klik pada gambar tersebut untuk memperbesarnya.

Sumber : www.islamicinformation.net

Did you like this? Share it:

2 thoughts on “Masjid Agung Negara UEA di Dubai

  1. R0703L

    wah…..belom ada yg ngomentarin nih itung2 panglarizzzzz……oke britanya oke juga yah…tambah lagi dong …yg banyak mengulas tentang sejarah islam …..

Leave a Reply

Your email address will not be published.