Masjid Nabawi (bagian 2)

Melanjutkan tulisan saya tentang masjid nabawi (bagian 1), kali ini saya ingin melanjutkan cerita tentang masjid Nabawi dan beberapa keistimewaannya yang lain.

3. Minbar

Minbar NabiMinbar didalam masjid Nabawi, adalah termasuk salah satu bagian yang dimulyakan. Pada awalnya Rasulullah SAW, hanya bersandar pada sebatang pohon kurma ditempat itu, sehingga kemudian para shahabatnya berinisiatif untuk membuatkan minbar bagi Rasulullah SAW, agar umat Islam bisa melihat beliau saat sedang berkhutbah. Dan saat itu minbar tersebut hanya setinggi 3 tangga (undakan).

Sedangkan minbar yang saat itu terdapat di Masjid Nabi itu, dan senantiasa dipergunakan untuk pembacaan khutbah, adalah minbar yang dibuat pada masa Sultan Murad, dari Dinasti Utsmani tahun 998 Masehi.

4. Mihrab

Mihrab NabiMihrab adalah tempat Rasulullah biasa melaksanakan sholat, orang yang pertama kali membangunnya adalah khalifah Al Walid, dari Dinasti Umawy, yang dibantu oleh Gubernurnya Umar Ibn Abd Aziz, yang saat itu sedang berada diMadinah. Dan bangunan mihrab yang saat ini bisa kita lihat, adalah merupakan hasil karya salah seorang sultan dari Dinasti Mamalik di Mesir, yang dibangun pada tahun 889 M. Dan kemudian diberi beberapa ukiran ayat-ayat al Quran dan hadits nabi pada masa Dinasti Utsmany.

Menurut suatu riwayat, apabila kita shalat di tempat tersebut dan bersujud ditempat sujudnya. Sebenarnya saat itu kita bersujud  pada tempat kaki yang mulai Rasulullah SAW berdiri, sedangkan tempat yang dijadikan tempat bersujud Rasulullah SAW, tidak lagi dapat kita temui, karena sudah ditutup dengan tembok mhirab tersebut.

Bersambung ke Masjid Nabawi (bagian 3)

Did you like this? Share it:

One thought on “Masjid Nabawi (bagian 2)

  1. eNPe

    subhanallah…
    kapan ya, dapat rezeki bisa ke Masjid nabawi

    banyak berdoa saja mbak, siapa tahu Allah berkenan… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.