Membuat Blog (1): memilih hosting

Bagi anda yang sudah merasa bosan dengan blog gratisan, seperti wordpress.com, blogspot.com dan beberapa penyedia fasilitas blog gratis. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuat blog yang berbayar, sehingga nantinya alamat blog anda tidak lagi panjang, tetapi bisa berakhiran .com .net .org atau domain Indonesia, semisal .or.id atau .co.id atau web.id.

Langkah pertama untuk membuat blog berbayar adalah menyewa hosting, sebagai tempat anda menaruh file-file instalasi CMS (Content managemen system) seperti wordpress, joomla atau yang lainnya. Ada banyak pilihan hosting yang saat ini tersedia, biasanya para penyedia hosting menyiapkan beberapa paket yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Paket-paket hosting tersebut dibedakan harganya berdasarkan server hosting tersebut, ada server yang terletak diIndonesia, Amerika, Singapore, Uk dan Hongkong. Hosting diIndonesia atau biasa disebut hosting IIX, biasanya harganya lebih murah daripada hosting yang diluarnegeri.

Selain itu paket-paket hosting ini dibedakan juga berdasarkan kapasitas space dan bandwithnya. Kapasitas space maksudnya adalah besaran tempat kita bisa menaruh file, misalnya ada yang 100mb, 250mb, bahkan ada juga yang bergiga-giga. Sedangkan kapasitas bandwith adalah jumlah data yang keluar masuk dari hosting tersebut, misalnya ada yag 10gb bahkan ada juga yang unlimited. Kalau saja blog kita sangat aktif, sehingga setiap bulannya bisa melebihi jatah bandwith, maka blog kita akan disuspend atau dinonaktifkan sementara waktu, bulan depan akan aktif kembali.

Dengan blog yang dipajang dihosting berbayar, anda bisa lebih mudah memasukan berbagai macam plugin, theme, script dan pernak-pernik yang lain sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti maisalnya memasang script adsense, agar blog anda bisa menghasilkan uang, atau memasang theme sesuai dengan keinginan anda.

Untuk mencari penyedia hosting yang sesuai, anda bisa mencarinya melalui google. Dan selanjutnya, perhatikan betul perbandingan harga dan kualitas hosting yang ditawarkan. Jangan asal memilih harga murah.

Ok. selamat mencoba.

Did you like this? Share it:

2 thoughts on “Membuat Blog (1): memilih hosting

  1. tiexhid

    ass…wah pengennya sih gitu. tapi sementara ini buat belajar nulis aja dulu. kalau uda lancar pengennya pakai yang berbayar tapi takut mengelolanya sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.