Membuat blog (2) : memilih domain

Setelah kita memiliki hosting tempat kita menaruh instalasi wordpress, joomla atau CMS yang sejenisnya. Maka langkah berikutnya adalah memilih domain atau alamat yang akan kita gunakan, misalnya tutorialku.web.id atau hoeda.web.id, kita bisa memilihnya sesuai dengan keinginan kita sendiri, namun semua tergantung ketersediaan domain atau alamat yang mau kita pergunakan tersebut. Seperti contoh, ketika saya akan menggunakan alamat tutorial.web.id atau tutorial.com, ternyata alamat tersebut sudah dimiliki oleh orang lain, maka mau-tidak mau kita harus menggunakan alamat yang lain.

Ada 2 macam domain yang seringkali dipergunakan oleh para pembuat blog, yaitu domain internasional, diantaranya .com .net .org .info .tv dan beberapa domain yang lain. Kedua adalah domain regional Indonesia, diantaranya .web.id, .co.id, .or.id, .ac.id, .sch.id. Beda keduanya adalah dari cara menyewa dan persyaratan penggunanya, untuk domain Indonesia dipersayaratkan harus WNI untuk memilikinya, sedangkan domain internasional, tidak harus WNI, siapapun bisa mendapatkan domain tersebut. Namun jangan khawatir, kalaupun kita menggunakan domain regional, blog kita tetap bisa dikunjungi oleh siapa saja dan dari mana saja.

Agar kita bisa memiliki domain yang kita inginkan, tentukan dulu alamat yang kita maksud, bila kita mau memilih domain Indonesia, maka silahkan melakukan registrasi, melengkapi persyaratan dan melakukan pembayaran sewanya di register.net.id. Dan bila anda menginginkan menggunakan domain internasional, maka ada banyak tempat yang menyewakan domain tersebut, salah satunya ditempat anda menyewa hosting, biasanya mereka juga menyewakan domain internasional.

Did you like this? Share it:

4 thoughts on “Membuat blog (2) : memilih domain

  1. feto

    artikelnya bagus nih jadi tertarik membacanya lumayan tambah pengetahuan…^_^

    terima kasih infonya, silakan mampir yaa ke sini dan jika mau artikel menarik lainnya silakan berkunjung ke sini yaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published.