Membuat blog (4) : install CMS

Menurut ensiklopedia  Wikipedia, CMS adalah kependekan dari Content Management System yakni sebuah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web dengan mudah, tanpa harus memahami kode-kode yanga rumit, terkuali anda memang mau menuliskan kode-kode tertentu yang harus dituliskan secara manual. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

* aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
* aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Ada beberapa jenis CMS yang banyak dipergunakan dewasa ini, diantaranya Dotnetnuke, Drupal, Geeklog, Gelato, Joomla!, Limeware, Mambo, PHP-fusion, PHP-nuke, WordPress, dab masih banyak yang lain. Masing-masing menwarkan beberapa kelebihan dan kemudahan yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Agar kita bisa menggunakan salah satu CMS tersebut, maka kita perlu melakukaninstalasi CMS tersebut pada hosting yang telah kita sewa. Namun jangan khawatir, rata-rata hosting yang disewakan sudah menyiapkan installlernya, jadi kita tidak perlu repot melakukan upload installer CMS tersebut.

Bagi hosting yang telah menyiapkan antar muka Cpanel X, langkah pertama untuk melakukan instalasi CMS adalah membuka fasilitas Fantastico De Luxe, yang berada pada bagian Software/Service. Diklik saja gambar wajah tersenyum berwarna biru itu.

Tampilan Cpanel X

Tampilan Fantastico De Luxe

Baru kemudian, setelah kita masuk pada halaman berikutnya, kita tinggal memilih jenis CMS yang kita mau, dengan mengklik deretan nama yang berada disamping kiri halaman Cpanel.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.