Membuat blog (5): instalasi wordpress

Walaupun banyak jenis CMS yang bisa kita pakai, namun kali ini saya akan memberikan tutorial instalasi WordPress, mengingat selama ini saya cukup puas dengan CMS ini, dikarenakan kesederhanaan menu-menu pengelolaannya, dan begitu banyak plugin-plugin tambahan yang cukup membantu mempercantik tampilan blog yang akan kita buat, sehingga nantinya akan smakin banyak pengunjung yang datang.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memilih WordPress dari berbagai macam CMS yang berada pada sisi kanan Cpanel, sebagaimana gambar berikut :

Setelah kita klik, dan masuk pada halaman berikutnya, maka kita pilih New Installation, gambar berikut memperlihatkan dimana link New Installation tersebut:

Berikutnya kita akan masuk pada halaman instalasi WordPress, disini kita harus memilih domain dari menu dropdown Install on Domain, sesuaikan dengan domain yang telah kita sewa sebelumnya. Pada kotak Install in Directory, biarkan kosong saja, kecuali kalau kita bermaksud menginstall WordPress pada folder tertentu. Pada bagian Admin Access Data, isikan username dan password yang anda inginkan. Dan terakhir pada bagian Base Configuraton, isikan nicknam yang pas dengan kinginan anda, alamat email, judul blog yang akan tampil diheader blog dan penjelasan ringkas tentang blog kita. Selanjutnya klik Install WordPress.

Halaman berikutnya menampilkanm status proses instalasi, bila ada kekurangan, maka dihalaman ini akan ditampilkan apa kekurangannya. Dan bila sudah lengkap sesuai denagn yang dipersyaratkan, maka tampilannya menjadi sebagai berikut :

Begitu Kita klik Finish Installation, halaman berikutnya menampilkan informasi konfigurasi WordPress yang sudah kita install, diantaranya informasi username dan password, dan link untuk masuk kebagian management WordPress.

OK, begitulah prosesnya, dan sekarang kita coba untuk melihat hasilnya dengan membuka domain atau alamat yang kita miliki.

Did you like this? Share it:

One thought on “Membuat blog (5): instalasi wordpress

Leave a Reply

Your email address will not be published.