Membuat hotspot sendiri dengan Router TP-LINK TL-MR3420

Seiring dengan semakin bertambahnya beberapa peralatan yang membutuhkan koneksi internet, dirumah saya ini misalnya setidaknya ada 6 laptop, 1 PC dan beberapa smartphone yang semuanya akan menambah nilai lebih bila dapat terkoneksi ke internet. Sedangkan modem yang tersedia hanya ada satu, tentu tidak lucu kalau masing-masing peralatan tadi memiliki modem tersendiri, bisa dibayangkan berapa investasi yang haru dihabiskan untuk membeli modem, dan berapa pula biaya bulanan yang harus dikeluarkan.

Salah satu solusinya adalah dengan membuat hotspot sendiri dirumah, dengan sebuah koneksi internet dan sebuah router, maka semua peralatan tadi dapat terkoneksi langsung ke internet. Bahkan dengan beberapa nilai tambah yang lain, seperti firewall dan pengamanan dari website-website yang tidak sepantasnya untuk dikunjungi.

Pilihan saya akhirnya jatuh pada router TP Link TL MR3420, yang menawarkan banyak kelebihan dibanding router yang lain, terlbih dengan harga yang cukup ringan dikantong. Dengan router ini kita bisa menancapkan dua sumber internet secara langsung, yaitu 1 line ADSL dan 1 modem USB, keduanya akan berjalan secara failover, artinya bisa salah satu koneksi down, maka yang lain akan menjadi backupnya.

Settingnyapun tidak terlalu rumit, tinggal kita tancapkan modem usb atau adsl yang kita miliki, tunggu proses identifying sampai selesai, setelah itu router akan menyambungkan koneksi internet modem secara otomatis. Selanjutnya koneksi hotspot sudah bisa dinikmati.

Satu hal yang perlu diperhatikan, sebelum menggunakan router ini sebaiknya lakukan upgrade firmware yang disediakan diwebsite TP LINK.



Did you like this? Share it:

5 thoughts on “Membuat hotspot sendiri dengan Router TP-LINK TL-MR3420

  1. Coki

    Yang di upgrade apanya agan, routernya atau usb nya tolong di lengkapin tulisan diatas dengan cara upgradenya supaya yang newbe kayak saya ini bisa mudeng gitu gan….thanks ya

    1. hoeda Post author

      yang diupgrade frimware TPlinknya gan biar makin mak nyusss…
      untuk upgrade tinggal donlod diwebsite tp-link untuk firmwarenya
      untuk proses upgradenya udah ada kok fasilitasnya di opsi routernya itu

Leave a Reply

Your email address will not be published.