Membuat hotspot untuk sekolah

Membangun seguah jaringan hotspot untuk sekolah pada saat ini adalah sebuah kewajiban, mengingat kebutuhan untuk proses online sudah semakin penting, mulai dari sistem administrasi sampai ke proses pembelajaran. Kondisi ini mengharuskan tersedianya jaringan online atau hotspot area disekitar sekolah, sehingga semua pihak yang berkepentingan dapat melakukan tugasnya dengan tanpa terkendala, khususnya tugas-tugas yang mengharuskannya untuk online.

Membangun hotspot disekolah haruslah memperhitungkan lebih dahulu siapa saja yang akan menggunakan jaringan online tersebut, apakah hanya guru dan staff kantor atau bahkan siswa dapat memakainya? Dengan memetakan pengguna ini maka dapat diperkirakan perangkat apa saja yang akan digunakan.

Untuk pengguna yang masih sedikit, maka bisa mengandalkan perangkat router wifi yang kelas low end atau yang berharga murah-meriah. Tetapi untuk pengguna yang lebih banyak maka diperlukan perangkat mid end atau bahkan high end, agar dalam penggunaannya tidak mengalami probem. Selebihnya apabila diperlukan pengaturan-pengaturan khusus untuk pengguna, dapat menambahkan router khusus seperti mikrotik atau sejenisnya.

Pada intinya jangan terpukau dengan harga murah saja, sesuaikan dengan kebutuhkan sekolah.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.