Memilih ROM Android dan prosedur instalasinya

[FA_Lite id=”3296″] Seiring dengan perkembangan OS Android yang semakin membesar, terkadang dapat memunculkan kebingungan tersendiri pada saat kita akan memilih ROM atau operating system yang sesuai dengan device smartphone kita, karena begitu banyaknya pilihan ROM yang dikembangkan, dan masing-masing ROM terkadang mempunyai cara instalasi atau flashing yang berbeda pula. Belum lagi kita dipusingkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing ROM, yang mau tidak mau mengharuskan kita untuk mencobanya, agar kita bisa mengetahui kelebihan atau kekurangan tadi secara langsung.

Secara umum ada 2 macam ROM yang dapat kita install pada device android kita, yaitu :

  1. ROM yang filenya berbentuk *.nbO, untuk ROM ini maka instalasinya atau flashingnya menggunakan metode RUT/SUT
  2. ROM yang filenya berbentuk *.ZIP, untuk ROM ini instalasinya atau flashingnya menggunakan metode STAND ALONE

Metode RUT/SUT adalah flashing dengan dengan menggunakan koneksi kabel data menuju komputer . RUT digunakan untuk windows berbasis 32bit dan SUT digunakan pada windows berbasis 64bit. Jika menggunakan metode ini yang harus diperhatikan adalah driver yang terinstall ketika handphone dikoneksikan dengan komputer. Kegagalan flash menggunakan metode ini seringkali sulitnya komputer mendeteksi driver secara benar. Setiap upgrade ROM bisa saja tidak sama driver yang digunakan untuk flashing pada sebelumnya.

Metode Stand alone adalah cara flashing menggunakan Micro SDCard secara langsung, dimana file ROM yang akan diflash disimpan di SDcard dan di flash pada Recovery Mode tanpa membutuhkan koneksi ke komputer.

Dari dua pilihan metode flash diatas, saya sarankan menggunakan metode stand alone, karena resiko kegagalan relatif lebih kecil, mengingat proses flashing dilakukan di HP, tidak di komputer/laptop.

Did you like this? Share it:

5 thoughts on “Memilih ROM Android dan prosedur instalasinya

    1. hoeda Post author

      wah sayangnya saya tidak punya PC tablet mas
      jadi ga punya pengalaman untuk di sharing…

    1. hoeda Post author

      tentjnya bisa, semua smartphone android pasti bisa di oprek
      nah caranya ini yang kadang bereba diantara berbagai merk Hp android

Leave a Reply

Your email address will not be published.