Memindahkan domain ke penyedia jasa yang berbeda

Memiliki domain berbayar atau domain resmi, baik internasional maupun domain Indonesia, tentu merupakan kebanggan tersendiri bagi pemiliknya. Namun karena pada awal menyewa domain itu pemilik kurang mengerti seluk beluk menyewa domain, akhirnya asal sewa saja, tanpa memperhatikan fasilitas yang ditawarkan oleh penyedia jasa terkait dengan domain tersebut. Ada beberapa penyedia jasa yang tidak memberikan akses penuh terhadap domain tersebut, misalnya pemilik domain tidak bisa mensetting langsung domain sesuka hatinya, tetapi harus melalui admin penyedia jasa.

Akses penuh terhadap domain dibutuhkan saat kita menggunakan hosting yang mengharuskan kita melakukan setting domain, misalnya hosting dari blogspot.com. Atau beberapa fasilitas lain yang disediakan oleh Google, juga mengharuskan kita untuk bisa melakukan seting penuh atas domain kita.Maka tentu sangat merepotkan kalau kemudian penyettingannya harus menunggu admin penyedia jasa, karena tidak selamanya mereka bisa membantu kita setiap saat, walaupun mereka mengatakan selalu online selama 24 jam penuh.

Memindahkan domain diperlukan saat kita ingin domain kita yang sebelumnya hanya sebagian saja akses controlnya, ke penyedia jasa lain yang memberikan faslitas full control atas domain kita. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

  1. Daftarkan domain kita pada penyedia jasa baru yang memberikan fasilitas full control
  2. Pilih transfer domain
  3. Saat proses transfer domain, anda akan ditanya tentang kode EPP. Kode EPP harus dimasukkan agar kita dapat melanjutkan proses transfer domain.
  4. Dapatkan kode EPP dari penyedia jasa domain lama, bisa melalui halaman setting domain yang lama, atau langsung menghubungi adminnya.
  5. Masukkan kode EPP pada tempat yang telah disediakan.
  6. Lanjutkan proses transfer domain.
  7. Lakukan pembayaran sewa domain.
  8. Selesai.

Kini anda sudah dapat full akses kontrol untuk domain anda.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.