Menampilkan file PDF pada artikel website atau blog

Menampilkan file PDF pada artikel WordPress, kini tidak lagi menjadi hal yang susah untuk dilakukan. Tidak lagi butuh segala macam plugin, cukup copy paste code php saja, maka file PDF anda akan bisa ditampilkan secara embedded di halaman artikel Words dan bisa kita customize ukurannya, sehingga tidak akan mengganggu tampilan halaman yang ada.

Langkah pertama adalah mengupload file PDF tersebut, bisa dihosting gratisan atau di hosting pribadi. Kita butuh link langsung menuju file PDF tersebut, misalnya http://www.domainanda.com/file.pdf. Langkah kedua, silahkan buka halaman Google DocsViewer yang beralamatkn http://docs.google.com/viewer.

Masukkan link file PDF tadi pada kotak yang tersedia dibagian atas halaman Google Docs Viewer, anda juga bisa memasukkan file presentasi seperti PPT atau file berformat TIFF pada kotak tersebut. Pada kotak kedua, terdapat pilihan optional, untuk menampilkan pesan khusus pada file PDF kita tadi.

Berikutnya kita klik Generate Link, maka akan muncul 3 pilihan, yaitu link langsung menuju tampilan file PDF, untuk kita kirimkan melalui IM atau email. Pilihan kedua berupa kode link yang berisikan link menuju file PDF, untuk kita pasang di halaman web atau blog. Dan pilihan ketiga adalah kode html untuk menampilkan file PDF secara embedded pada halaman website atau blog.

Sebagai contoh, silahkan klik disini, untuk melihat hasil file PDF yang tampil secara embedded.

Did you like this? Share it:

6 thoughts on “Menampilkan file PDF pada artikel website atau blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.