Mencari cinta abadi

[FA_Lite id=”3296″] Berawal dari sebuat status teman di Facebook yang sedang berdoa, yang berharap agar cintanya abadi. Membuat saya otak saya sedikit tergelitik, apakah memang ada cinta abadi ? ataukah hanya sebuah keinginan dari angan-angan semu saja ?. Maka dengan secuil pengetahuan dan waktu yang begitu sempit, didampingi secangkir kopi susu hangat, dimulailah pencarian hakikat cinta sejati ini.

Didalam bahasa Arab, kata cinta lebih sering kita temukan dalam bentuk kata hubb. Setidaknya ada 11 kata hubb yang bisa kita temukan dalam al-Quran, dengan berbagai macam arti dan situasi yang terkait dengan maksud ayat tersebut. Ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang sifat-sifat alami manusia, ada juga ayat yang menjelaskan tentang posisi hubb atau cinta manusia kepada Penciptanya.

Namun ada sebuah ayat lain yang tidak menyebutkan kata hubb, namun rasanya lebih sesuai untuk menggambarkan arti cinta yang sebenarnya, yaitu surah Ar-Rum ayat 21, didalam ayat tersebut menyebutkan kata mawaddah. Setidaknya ada 7 kata mawaddah dalam al-Quran. Dan hanya dalam surah Ar-Rum ayat 21 tersebut menurut tafsir Ibn Katsir, diartikan sebagai hubb atau cinta. Karena dalam ayat tersebut kita bisa menemukan penjelasan tentang arti cinta bagi sebuah pasangan laki dan perempuan, sebagaimana yang diciptakan oleh Allah SWT sebagai sifat naluriah manusia.

Lalu bagaimanakah dengan cinta abadi ? apakah cinta abadi itu ada ?

Pada awal surat Ar-Rum ayat 21 tersebut dengan jelas Allah SWT berfirman : Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah… Dan sebagaimana keyakinan kita sebagai muslim, bahwa tanda-tanda kekuasan Allah SWT tidak akan pernah pudar dan tidak akan pernah sirna, tanda-tanda kekuasaan itu akan kekal dan abadi.

Bagaimana pendapat anda ?

Did you like this? Share it:

2 thoughts on “Mencari cinta abadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.