Menelusuri jejak hijrah Nabi SAW melalui Google Earth

Ketika kita memasuki bulan Muharram, maka satu peristiwa yang akan selalu teringat didalam benak kita, yaitu peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah menuju Madinah. Peristiwa yang berawal dari adanya tekanan dari kaum kafir Quraisy kepada umat Islam, saat umat Islam masih tinggal di kota Makkah, sampai kemudian Rasulullah diperintahkan oleh Allah SWT untuk berpindah atau berhijrah ke Madinah yang kala itu masih disebut Yatsrib.

Riwayat mengenai hijrahnya sang Rasul inilah yang kemudian senantiasa menjadi pelajaran yang akan selalu diingat oleh umat Islam, terutama pada saat memasuki bulan Muharram. Bagaimana ketika Rasul memulai perjalanannya, kondisi beliau diperjalanan, halangan apa saja yang dihadapi beliau selama diperjalanan, dan masih banyak hal-hal lain yang selalu diingatkan kembali pada saat memperingati bulan Muharram ini.

Namun kalau seandainya riwayat-riwayat tersebut dapat divisualisasikan, tentu akan lebih mengena di hati umat Islam. Salah satu visualisasi yang dapat kita manfaatkan untuk menelusuri jejak perjalanan Rasulullah SAW pada saat melakukan hijrah, dapat kita lihat melalui Google Earth. Dengan software peta digital ini, kita bisa mengikuti jalur hijrah Rasulullah SAW, mulai saat berangkat dari Makkah sampai tiba di Madinah.

Sungguh tak terbayangkan bagaimana susahnya kondisi beliau saat itu, ketika harus melewati jalur yang tidak biasa dilewati oleh masyarakat arab kebanyakan. Dari lokasi-lokasi yang dilewati Rasulullah SAW, tampaknya beliau sengaja memilih jalur yang sepi, agar terhindar dari kejaran kaum kafir Quraisy dan dari pertemuan dengan kafilah kafir Quraisy ditengah jalan.

Untuk dapat melihat lokasi-lokasi tersebut, silahkan install software Google earth, dan bukalah file KML yang dapat anda download pada link dibawah ini.

Link Download  Klik Disini

Did you like this? Share it:

One thought on “Menelusuri jejak hijrah Nabi SAW melalui Google Earth

Leave a Reply

Your email address will not be published.