Mengapa ineternet saya lambat ? ini alasannya

Dewasa ini internet sduah menjadi kebutuhan bagi beberapa kalangan masyarakat di Indonesia, walaupun pemakainya masih jauh dibandingkan dengan jumlah penduduk, tetapi lambat laun pertumbuhan pengguna internet semakin meningkat. kelompok masyarakat yang paling sering menggunakan internet di Indonesia diantaranya adalah kelompok mahasiswa, pelajar, dan kelompok pengusaha.

Namun kebutuhan akan akses internet ternyata tidak dimbangi dengan kecepatan akses, sehingga terkadang membuat pengguna internet merasa jengkel dan bahkan naik darah, karena internet yang sedang menjadi harapannya untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaanya menjadi lambat dan mengalami banyak problem, dan akibatnya tentu bisa diduga pekerjaan menjadi tertunda dan bahkan gagal.

Ada beberapa alasan mengapa koneksi internet mengalami kelambatan atau problem, diantaranya :

  1. Cakupan jaringan (coverage area) di lokasi Pengguna/pemakaian akses data/internet; periksa signal apa yang terdapat pada lokasi anda
  2. Waktu pemakaian akses data/internet; jam-jam sibuk sebaiknya dihindari, karena bisa dipastikan terjadi bottle neck
  3. Kondisi geografis di lokasi Pengguna/pemakaian akses data/internet; daerah yang datar dengan daerah pegunungan tentu akan berbeda daya tangkap peangkat kita saat menerima sinyal.
  4. Jenis perangkat telekomunikasi yang dipergunakan untuk mengakses data/internet; ada beberapa perangkat lama yang tidak support terhadap internet yang kualitasnya lebih cepat, sehingga hal tersebut mengakibatkan kita tidak bisa mengakses internetyang lebih baik.
  5. Struktur dan/atau lokasi bangunan dimana Pengguna melakukan akses data/internet;
  6. Jumlah pengguna jaringan akses data/internet di daerah sekitar lokasi Pengguna/pemakaian akses data/internet; semakin banyak pengguna, maka pembagian penggunaan jalur internet juga semakin kecil, layaknya sebuah jalan, semakin banyak penggunanya, maka akan semakin lambat kita melewatinya.
  7. Besaran jumlah data yang sedang diakses pada waktu tertentu;
  8. Kondisi cuaca.
Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.