Mengatasi Paper Jam Pada Printer

Mengalami paper jam atau kemacetan kertas pada printer kita ada suatu kejadian yang tidak menyenangkan, apalagi pada saat kita sedang diburu waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang mengharuskan kita untuk menggunakan printer. Biasanya saat printer mengalami paper jam, maka sesaat setelah kertas yang macet itu kita tarik, printer tidak bisa segera kita pergunakan, bahkan terkadang kita harus mereset PC atau laptop kita, tentu akan semakin banyak waktu yang terbuang.

Berikut ini adalah tips untuk mengatasi paper jam:

Paper Jam

Langkah pertama : Buka cover printer, dan tariklah kertas yang tersangkut itu dengan cara pelan-pelan, jangan dipaksa karena bisa merusak printer.

Bila printer saat itu belum bisa dipergunakan, karena mengalami blinking stelah mengalami paper jam ini, maka cobalah langkah kedua berikut ini :

Langkah kedua : cabutlah kabel power printer untuk mereset printer. Pasang kembali kabel power printer dan cobalah untuk menggunakannya. Namu bila printer masih tetap tidak bisa dipergunakan, maka bisa dilanjutkan dengan langkah berikutnya.

Langkah ketiga : Cobalah buka Control Panel > Administrative tools > service (untuk Windows 7) atau Control Panel > Performance and Maintenace > Administrasi Tools > Services (untuk Windows XP). Buka service PRINT SPOILER, dan matikan prosesnya dengan klik “STOP”. Selanjutnya klik  Start > Printer and Faxs, klik kanan > Refresh. Jalankan kembali service Print Spoiler yang kita stop tadai, dengan klik “START”. Printer sudah siap untuk dipergunakan kembali.

Semoga Paper Jam tidak lagi mengganggu aktivitas anda.

Did you like this? Share it:

10 thoughts on “Mengatasi Paper Jam Pada Printer

  1. radit

    thnks berat gannnn akhirnya ketemu….. skripsi pacar ane n temen ane akhirnya bisa ngeprint nih…. @feni @ito @tyas
    @achi ber trmakasihlah kalian… huhuhuhu…………

Leave a Reply

Your email address will not be published.