Mengembalikan partisi atau file yang hilang

Harddisk sebagai tempat penyimpanan berbagai file, baik berupa dokumen, audio video, software maupun file-file penting lainnya, sungguh sangat disayangkan apabila mengalami “bencana” yang tidak sengaja kita lakukan, sehingga mengakibatkan kita kehilangan semua file-file tadi. Sebagaimana yang pernah saya alami sendiri, ketika secara tidak sengaja saya memformat hardisk laptop saya, sehingga menjadi satu partisi, padahal sebelumnya terdapat 4 partisi didalamnya, dengan berbagai macam file-file penting lainnya didalam masing-masing partisi tersebut.

Satu hal yang terpenting saat mengalami hal seperti itu, yaitu jangan melakukan instalasi apapun pada harddisk tersebut, atau menaruh file-file kedalam harddisk tersebut, sebelum kita berhasil menyelamatkan isi harddisk itu.

Langkah pertama adalah menjadikan harddisk yang menjadi “korban”  sebagai slave pada komputer lain, usahakan pinjam komputer lain kalau memang kita hanya memiliki satu komputer. Kalau seandainya harddisk tersebut adalah harddisk laptop, maka harddisk tersebut harus dilepas dari laptop, kemudian kita jadikan sebagai harddisk eskternal dengan menggunakan USB adapter yang biasa dipergunakan untuk harddisk eksternal.

Setelah harddisk itu menjadi slave pada harddisk lain atau menjadi harddisk eksternal, maka selanjutnya kita install program recovery yang sesuai. Ada dua software yang saya sarankan untuk proses recovery ini :

  • Partition Table Doctor : untuk merecovery partisi yang terhapus, dengan program ini kita tinggal melakukan rebuild atau membangun kembali partisi yang hilang itu.
  • Get Data Back : untuk merecovery file yang terhapus, dengan kata lain, partisinya masih utuh hanya saja beberapa file terhapus.

Tetapi kita juga tidak bisa berharap penuh bahwa semua partisi atau file yang hilang bisa dikembalikan, sebab kemampuan software tersebut juga terbatas, kalau seandainya bisa recovery sampai 100%, kita patut syukuri hal itu. Tetapi terkadang tidak semua file dan partisi bisa direcovery, seperti yang saya alami, dari 4 partisi hanya bisa direcovery 2 partisi saja.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.