Mengenal lebih dekat Cloud Computing

Perkembangan teknologi komputer kian hari semakin berkembang pesat, bahkan terkadang perkembangannya hanya bisa kita dengar beritanya saja, tanpa dapat kita rasakan sendiri secara langsung perkembangannya itu, baik dalam bentuk software maupun hardwarenya. Hari ini kita mendengar munculnya sebuah teknologi baru, beberapa hari kedepan sudah ada teknologi lain yang datang menyusul dengan tawaran yang lebih canggih, lebih efisiea, lebih cepat, lebih ekonomis dan beberapa kelabihan yang lain.

Salah satu teknologi yang sedang digadang-gadang saat ini oleh para ahli adalah Cloud Computing, atau kalau disebutkan dalam Bahasa Indonesia biasa dikenal dengan istilah Komputasi Awan. Teknologi ini merupakan gabungan dari teknologi komputer dan teknologi internet, karena cloud atau awan ada simbol dari internet. Kedua teknologi yang mempunyai peran besar dalam kehidupan manusia dewasa ini maupun dimasa yang akan datang, digabungkan menjadi satu teknologi yang diharapan akan lebih banyak mendatangkan manfaat bagi kehidupan manusia.

Pada saat ini, ketika kita menyebutkan istilah komputer, maka yang terbayang didalam benak kita adalah seperangkat peralatan (hardware) dan seperangkat system operasi dan aplikasi (software), yang dipergunakan sebagai alat bantu kerja dengan media penyimpanan internal maupun eksternal sebagai pelengkapnya. Dan pada saat kita menyebukan istilah internet, maka yang yang muncul adalah sebuah jaringan global yang begitu besar yang menghubungkan antara satu user komputer dengan user komputer lain diseluruh dunia.

Cloud Computing menawarkan gabungan dari dua teknologi diatas, kedepan komputer atau gadget yang kita miliki bisa diakses darimana saja selama masih bisa terkoneksi dengan internet. Dengan kata lain, komputer atau gadget kita itu akan selalu terhubung dengan sebuah server besar yang akan menyediakan kebutuhan kita. Kita tidak perlu menginstall aplikasi, karena sudah tersedia diserver, ktia tidak perlu menyediakan media penyimpanan, karena server sudah menyediakan media penyimpanan tanpa batas, dan kita bisa mengakses file-file kita darimana saja, melakukan editing, printing dan sebagainya, karena semua tersimpan diserver. Dan semua itu terhubung melalui koneksi internet berkecepatan tinggi.

Dan tentu saja akan ada biaya untuk penggunaan server cloud computing ini, walaupun mungkin biayanya akan lebih ringan daripada kita harus membeli semua lisensi software original yang ada pada komputer atau gadget yang kita miliki.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.