Menghindari TAG / penandaan di Facebook

Dengan jumlah pengguna aktif berjumlah kurang lebih 864 juta orang, Facebook memang menjadi lahan menggiurkan bagi beberapa orang yang mempunyai keinginan untuk berbisnis online. Dengan cara memajang barang dagangannya di Facebook, kemudian membaginya di dinding Facebook, maka bisa saja ribuan atau mungkin jutaan orang akan melihat “etalase” online tersebut dan tentunya berharap akan banyak yang memesan atau membelinya.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh para seller atau penjual yang menggunakan Facebook sebagai alat pemasaran adalah menandai (member TAG) beberapa temannya, sehingga etalasenya juga akan muncul didinding teman yang ditandai atau di TAG tersebut. Sayangnya tidak semua penendaan atau tagging itu menyenangkan bagi kita, terkadang ada penjual yang hanya iseng menandai barang-barang dagangan palsu didinding kita. Sehingga bisa jadi ada teman kita atau bahkan keluarga yang kemudian menjadi korban penipuan dari penjual nakal tersebut, dikarena teman atau keluarga kita melihat barang itu muncul di dinding kita, sehingga seakan-akan kitalah yang berjualan atau minimal kitalah yang ikut memasarkannya.

Belum lagi penandaan atau tagging iseng dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang memposting hal-hal yang tidak senonoh atau posting-posting berbau SARA, kemudian dengan seenaknya kita ditandai atau di TAG, sehingga muncullah posting itu di dinding kita.

Ada sebuah trik agar penandaan ini tidak akan langsung muncul didinding kita, yaitu dengan membatasi  siapa saja yang bisa menandai dinding kita. Caranya cukup simpel, kita buka setting Facebook, kemudian masuklah kebagian Timeline And Tangging. Klik edit pada Who can Add Things To My Timeline, pilihlah sesuai kehendak, siapa saja yang boleh memposting didinding kita.

Sedang kan untuk penandaan atau tagging, klik edit pada How can I Manage Tags People add and tagging sugestions, kemudian pilih ON untuk menghidupkan pemberitahuan adanya penandaan atau tagging yang masuk didinding kita. Dengan menyalakan fasilitas ini, nantinya setiap ada penandaan dari teman atau orang lain, maka akan muncul pemberitahuan atau notifikasi. Selama penandaan tersebut belum kita setujui, maka posting itu tidak akan pernah muncul di dinding kita.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.