Mengintip suasana tempat adzan yang baru di Masjidil Haram Makkah

Masjidil Haram di Makkah sebagai pusat peribadatan umat Islam, memang memiliki daya tarik tersendiri untuk ditelusuri dan diteliti pernak-perniknya. Salah satu tempat yang mungkin membuat cukup banyak orang penasaran adalah tempat para muadzin melantunkan adzan penanda masuknya shalat lima waktu yang mengalun indah dan merasuk kedalam jiwa. Tempat muadzin ini juga biasa disebut mukabbariyah.

Posisi tempat ini berada dilantai 2 disebelah timur Ka’bah, dari tempat ini muadzin dapat melihat langsung kepelataran thawaf dan ka’bah, sehingga dia dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk melantunkan iqamah, ketika imam sudah bersiap berada diposisinya.

Namun seiring dengan ada rehab dan peruasan masjidil haram, posisi mukabbariyah ini dipindahkan menempati ruang disebelah utara Ka’bah, dengan tata ruang yang lebih las dari mukabariyah yang sebelumnya. Walaupun tampaknya mukabbariyah ini belum jadi sepenuhnya, tapi sudah ada beberapa foto yang beredar diinternet tentang penampakan tempat ini.


From Mukabbariyah, posted by M. Hasbullah Huda on 11/01/2014 (38 items)

Generated by Facebook Photo Fetcher 2


Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.