Mengukur kecepatan internet CDMA

Perkembangan teknologi telekomunikasi di Indonesia terus melangkah maju, walaupun bisa dibilang pelan, namun pasti menuju kearah yang lebih baik. Salah satunya ditandai dengan perkembangan hardware yang dipakai oleh para Internet Service Provider (ISP) dinegara kita tercinta ini, khususnya ISP yang bergerak diwilayah CDMA, dintaranya seperti TelkomFlexi, Smartfren, Esia dan Starone.

Dari beberapa ISP yang disebutkan diatas setidaknya ada 2 ISP yang memberikan perhatian besar pada pengembangan layanan data yang mereka tawarkan kepada masyarakat, yaitu SmartFren dan TelkomFLexi. Hal ini dapat kita lihat ketika mereka mengeluarkan produk-produk layanan data berbasis EVDO atau biasa disebut sebagai broadband. Dengan layanan broadband atau layanan data berbasis EVDO ini, diharapkan kecepatan berinternet akan meningkat pesat dengan harga layanan yang terjangkau.

EVDO, juga dikenal dengan EV-DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO merupakan sebuah standard pada wireless broadband berkecepatan tinggi. EVDO adalah singkatan dari “Evolution, Data Only” atau “Evolution, Data optimized”. Istilah resminya dikeluarkan oleh Assosiasi Industri Telekomunikasi yaitu CDMA2000, merupakan interface data berkecepatan tinggi pada media udara. EVDO satu dari dua macam standar utama wireless Generasi ke-3 atau 3G. adapun standart yang lainnya adalah W-CDMA.

Dalam layanan data berbasis CDMA ini kecepatan internet yang didapatkan oleh pelanggan dapat dibedakan sebagai berikut :

  • CDMA1X maksimal kecepatan downloadnya adalah 153kbps
  • EVDO Rev. A maksimal kecepatan downloadnya adalah 9,3mbps
  • EVDO Rev. B maksimal kecepatan downloadnya adalah 14mbps

Maka sebelum kita memutuskan untuk menggunakan internet berbasis CDMA ini, sebaikanya kita lihat dulu coverage area ISP tersebut, apakah sudah mencapai daerah kita atau belum? dan apakah sinyal yang kita dapat masih CDMA1x atau sudah sinyal EVDO. Karena hal ini akan sangat berpengaruh besar pada kecepatan internet kita.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.