Menjaga mata agar tetap sehat

[FA_Lite id=”3296″]Mata adalah salah satu bagian dari pancaindera kita yang tidak boleh mpingkan kesehatannya, karena sekali saja mata kita bermasalah maka akan sangat susah untuk mengembalikannya seperti sediakala, karena itu menjaga kesehatan mata adalah sauatu kewajiban bagi kita. Bekerja di depan komputer sambil ngaskus setiap hari akan membuat mata agan lelah. Belum lagi kegiatan menonton TV atau bermain game. Semua itu akan memberikan efek negatif pada mata.

Bukannya tak mungkin, mata kita akan menjadi cepat rusak karena kebiasaan-kebiasaan di atas. Ketimbang mengobati, lebih baik mencegah mata mengalami kerusakan. Berikut beberapa saran dari dokter spesialis mata, Dr. Bruce P. Rosenthal, yang dikutip dari Fox Health.

  1. Gunakan cahaya ruangan yang sesuai; Cahaya ruangan sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Beraktivitas di dalam ruangan yang terlalu gelap, atau terlalu terang akan membuat mata Anda kesulitan beradaptasi sehingga mengalami gangguan penglihatan. Sesuaikan cahaya lampu pilihan Anda dengan kebutuhan.
  2. Gunakan cahaya alami; Cahaya alami ruangan Anda bisa Anda dapatkan lewat cahaya matahari. Selain itu, ruangan juga bisa tampak terang dengan pilihan warna dinding yang terang, seperti putih atau warna-warna pastel.
  3. Lindungi mata; Lindungi mata Anda dari radiasi monitor komputer dan TV dengan menggunakan kacamata berlensa antiradiasi. Anda juga bisa mengunakan pelapis monitor pada komputer untuk mengurangi radiasi yang masuk ke mata.
  4. Sesuaikan setelan contrast dan brghtness monitor atau tv; Setelan komputer juga bisa mempengaruhi kesehatan mata. Aturlah tingkat kecerahan layar komputer dengan tepat, jangan terlalu redup, jangan juga terlalu terang. Pilihlah juga ukuran huruf yang sesuai dengan kemampuan mata Anda. Ukuran huruf yang terlalu kecil atau terlalu besar hanya akan membuat mata Anda letih.
  5. Bersihkan layar TV atau monitor; Terkadang layar TV dan komputer yang kotor membuat kualitas gambarnya terganggu. Ketimbang mata kita menjadi letih dibuatnya, jangan lupa untuk selalu membersihkan layar-layar tersebut sebelum memakainya.
  6. Ambil posisi yang tepat; Baik memakai komputer ataupun TV, sesuaikan jarak pandang Anda dengan ukuran layarnya. Jangan sampai mata rusak karena jarak Anda terlalu dekat atau terlalu jauh.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7389251

Did you like this? Share it:

One thought on “Menjaga mata agar tetap sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published.