Menyimpan foto dan video di internet

Dunia digital kini telah memasuki kehidupan kita, semua foto dan video sebagia besar atau bahkan hampir semuanya telah berbentuk digital, jarang sekali saya menemukan foto-foto yang masih berbentuk analog. Dan bahkan belakangan frame foto digitalpun sudah banyak dijual dengan berbagai macam ukuran, untuk mengimbangipesatnya perkembangan foto dan video digital ini.

Namun ada satu hal yang kemudian menjadi masalah ketika semua sudah terdigitalisasi, yaotu tempat penyimpanannya. Dengan semakin seringnya kita mengambil foto suatu objek, karena memang begitu mudah kita mengambil gambar pada saat ini, bisa lewat kamera dan bisa juga lewat kamera smartphone yang sehari-hari bisa kita bawa kemana-mana, maka mau tidak mau kita harus menyiapkan tempat penyimpanan yang cukup besar untuk file-file foto dan video kita.

Tempat penyimpanan ini bisa berbentuk kartu memory, hardisk internal ataupun hardisk internal dengan berbagai macam kapasitas. Semuanya tergantung daya beli kita, semakin besar daya belikita, maka semakin besar juga kapasitas media penyimpanan yang bisa kita beli.

Ada tempat penyimpanan lain yang bisa menjadi alternatif untuk menyimpan foto dan video, yaitu cloud server atau tempat penyimpanan diinternet. Saat ini telah banyak yang menawarkan tempat penyimpanan foto dan video ini secara gratis dengan berbagai ukuran, misalnya Google drive dengan ukuran sebesar 15 GB, dan bahkan ada Flickr yang menyediakan penyimpanan gratis sebesar 1000 GB. Ya benar 1000GB atau 1 Terabyte, cukup untuk menampung ribuan foto-foto kita.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published.