Modem Huawei E220

[FA_Lite id=”3296″] [FA_Lite id=”3296″]

Hari ini saya membeli modem untuk koneksi Telkomselflash saya, setelah survey diberbagai forum, akhirnya pilihan saya jatuh pada merek Huawei dengan type E220. Memang ada type baru yang beredar, kalau tidak salah E169, dengan bentuk yang lebih kecil seperti flashdisk, hanya saja harganya masih sangat mahal, dan saya juga khawatir akan panas yang ditimbulkannya, bisa jadi nanti modemnya berumur pendek.

Dengan harga Rp. 1.255.000,-, saya mendapatkan modem huawei yang dikeluarkan oleh Vodafone, jadi saya tidak perlu unlock lagi kalau mau dipergunakan untuk operator lain. Dalam paket berbentuk bungkus DVD ini, hanta terdapat sebuah modem HSDPA, dan 2 buah kabel USB. Tidak ada driver yang biasanya disertakan dalam pembelian hardware, karena driver modem ini sudah include didalam modemnya itu sendiri, jadi tinggal colok sana-colok sini saja kalau mau memindahkannya.

Saat saya mencobanya di PC yang masih menggunakan Windows XP, modem ini berjalan dengan baik, mulai dari proses instalasinya dapat dengan mudah dikenali oleh Windows Xp, dan instalasi softwarenya juga berjalan secara autorun, jadi tidak begitu menyulitkan. Sayangnya, ketika modem ini saya pasang dilaptop yang menggunakan Vista, modem ini tidak bisa dikenali, cuma tidak bisa install software bawaannya, akhirnya saya coba upgrade firmwarenya, yang saya dapatkan disini, akhirnya berhasil jalan dengan baik di vista.

Pada awalnya saya agak kebingungan dengan modem ini, karena ketika saya tancapkan di CPU, mouse saya menjadi tidak stabil, loncat sana loncat sini, sampe bisa shutdown sendiri. Setelah saya cari-cari permasalahannya, akhirnya ketemu juga, ternyata karena saya menggunakan kabel USB yang salah. Dalam pembelian modem Huawei E220 ini memang disertakan 2 macam kabel USB, 1 kabel lebih pendek dan 1 kabel lagi lebih panjang dengan dengan 2 colokan USB, 2 colokan ini gunanya untuk meningkatkan arus listrik yang dipergunakan ole modem ini.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum kita membeli modem sejenis ini, baik untuk koneksi GSM ataupun CDMA, yaitu;

  • Garansi; pastikan kalau garansi yang diberikan setahun, karena ada beberapa penjual yang hanya memberikan garansi 3 bulan
  • Tidak menggunakan battery; karena ada beberapa modem yang msih menggunakan battery, yang katanya dipergunakan untuk memperkuat arus listrik dari USB.
  • Sebaikanya carilah yang USB, karena biasanya ada interferensi suara dispeaker yang cukup mengganggu, dan kalau kita gunakan USB, kita bisa memperpanjang kabel USbnya sehingga letak modem bisa lebih jauh, bahakn bisa untuk memperkuat sinyal.

 

Did you like this? Share it:

107 thoughts on “Modem Huawei E220

  1. oyi kresnamurti

    assalamu’alaikum yaa akhi,

    lho ‘ji, kok kabel modem e220-nya ada dua? punyaku satu dowang dan alhamdulillah gak ada masalah kestabilan tuh.

    btw, murah juga dapat 1,250k ya..

    happy browsing..

  2. hoeda

    iya om, itu satunya buat USB 1.0 mungkin yang dayanya kecil… jadi dia ngambil dayanya langsung dari 2 colokan USB…

  3. Hasan Zayadi

    Sy sdh pke huawei e 220 udah 3 minggu pke telkomflash yg paket up to 256 KBps. Kecepatan max 253 KBps minimal 53 KBps di Bangka Belitung Sy puas. Sy sdh coba pke Vista mslhnya gak bisa krn memang gak support. Jd vistanya tingal dipatch aja. Sblm ini sy pake internet yg jam2an. sering ke bablasan. Skrng klo lagi browsing sy tinggal mandi / bikin mi instan gak masyalah hee.hee krn tarifnya cuma 125rb ini. Nah klo pake kbl pendek u/ internetan wkt browsing, monitor gbrnya agak goyang2 krn pengaruh sinyal dari GSM. Jd nancep USBnya jgn pake port belakang lbh baek USB port depan. Selamat menikmati!!

  4. Hasan Zayadi

    Nyambung yg tadi, pake notebook klo pake kabel pendek gak mslh monitor gak goyang, Klo udah dipake agak lama mendingan Huawei 220nya jgn diletakin dimeja krn agak panas, mendingan dikasi alas dibawahnya (misal pulpen) spy ada sirkulasi udara dibawah modemnya. Jgn juga diletakin di depan rumah krn bisa ilang.

  5. hoeda

    hehehe ada-ada aja mas hasan ini,
    btw, saya pake vista juga kok mas, tapi ga pake patch vistanya, malah yang saya patch itu modemnya, dengan cara ganti firmware dan program installernya…

  6. rahman

    saya pake modem huawei e220. jaringan sering terputus putus. para sobat ada ndak ya software agar jaringan modem tersebut tidak terputus putus lagi.

    thx ya sebelumnya

  7. hoeda

    diskoneknya apa karena signalnya dikit ?
    kalo signalnya dikit, coba pindah tempat mas, kalo masih tetp mungkin perlu uppgrade firmwarenya…

  8. Eddy

    Saya baru beli modem huawei E220, pertama kali pakai kok .. dengan gprs hanya 56 kbps ? Kalau pakai ponsel mengunakan bluetooth masih bisa dapat 115 kbps. Lanjut setelah saya upgrade driver baru di telkomsel waduh… tdk bisa terdeteksi lagi.. macam mana ya ??? Ada yang tahu dimana link download untuk mengembalikan driver kembali ke semula modem driver E220 ?

  9. Iwan Sulistiawan

    Mas saya baru update firmware huawei e220 tapi proses berhenti di tengah jalan dan alhasil modem tidak terdeteksi lagi di device manager. tetepai di explore masih bz terdeteksi sebagai flashdisk tetepi software mobile partner nya corrupt ya mungkin karna proses update firmware tadi tidak sempurna.

    saya minta tolong apakah modem saya masih bz di gunakn?? jika masih bisa apa yang harus saya lakukan?? mohon bantunnya bingung pisan nih!!!

    YM wenk_naged
    AOL isulistiawan
    085659033119

    NB Modem brsl dari telkomsel flash yg sudah saya unlock

  10. Yamin

    mas,.. mohon informasi petunjuk/langkah2 cara pemakaian modem Huawei E220 dari Vodafone supaya bisa konek ke internet. saya udah coba pake Sim IM3, Xl, simpati tp ngak konek2 jg. Kalau masalah kabelnya saya pake kabel External hardis laptop yg slot USBnya satu karna tu modem saya dapat beli ama temen, katanya kabelnya udah ngak ada lagi alias Hilang.

    Mohon bantuannya mass…..!!!!

  11. herrypra

    mohon informasi petunjuk/langkah2 cara pemakaian modem Huawei E220 supaya bisa konek ke internet. saya udah coba pake Sim matrix broadband, hallo navigator hanya du minggu pertama jalan jalan, setelah itu tidak lagi sampai kini apa yang salah yah, mohon bantuan

  12. hoeda

    untuk pemakaiannya sepertia biasa aja kok pak, tidak ada yang khusus, cuma ditancapkan, install driver secara otomatis, dan tinggal jalankan programnya
    jangan lupa bikin APN internet atau Telkomsel.
    Kalau melihat masalah bapak, apakah modemnya masih dikenali oleh komputer ? kalau masih dikenali, mungkin saja cara instalasinya yang kurang pas, tapi kalau sudah tidak dikenali kemungkinan modemnya rusak…

  13. Yamin

    Mas, modem saya masih dikenali oleh komputer drivernya jalan dan aplikasinya jg masih jalan tp diaplikasinya terlihat ngak ada sinyal, saya udah pake kartu IM3, Simpati dan XL. Masalahnya tu barang berasal dri malaysia dan dibadan depannya tertulis "vodafone", kata teman modemnya di-lock oleh provider tersebut dan bisa dipakai kalau kita memakai kartu provider trsebut. jadi, mas bagaimana cara meng-unlock tu modem biar bisa memakai provider diindonesia.

  14. Ndox

    Sebaikanya carilah yang USB, karena biasanya ada interferensi suara dispeaker yang cukup mengganggu, dan kalau kita gunakan USB, kita bisa memperpanjang kabel USbnya sehingga letak modem bisa lebih jauh, bahakn bisa untuk memperkuat sinyal.

    Bukane semakin panjang kabel malah semakin lemah arus dari USB.

    Koq teman saya beli E220, dicoba di laptop saya susah koneknya ya pak? Padahal di laptop dia colok langsung jadi. Emang ngaruh ya? Padahal masih pake XP.. sama.. Load drive yang isinya driver itu aja susah.. Kadang nyambung, terus ilang lagi.. jadi susah kalo mau nyoba. Apa semuanya seperti itu yah? Padahal pengen punya modem e220.

  15. hoeda

    kalau mau memperpanjang pake USB extender yang ada tambahan catu
    dayanya, jangan pake perpanjangan USb yang biasa…

    biasanya kalo terjadi susah konek gitu, daya USB laptopnya yang gak
    kuat, pake kabel USb yang bercabang, jadi dia bisa narik dayanya dari
    dua colokan USb sekaligus

    USBnya masih V 1.1 ? bukan USB V2.0

  16. inka

    mas oeda

    saya baru beli modem USB E220 HSDPA. dan udah dicolok ke laptop window XP profesional kok drivernya tdk muncul di layar?, katanya otomatis install? apa yang hrs dilakukan
    thanks

    INKA

  17. deddy

    halo mas huda

    boleh tau beli modemnya dimana mas ? saya sekarang lagi cari huawei, tapi takut kebeli yang bajakan ato yang ga lengkap perangkatnya

    makasih

  18. Alfian

    saya punya modem e220 tidak mau kenali kartu setelah saya upgred frimwarenya menggunakan frimware dari telkomsel sebelumnya menggunakan mobile partner tolong solusinya

  19. deddy

    saya di padang mas, disini masih susah cari produk yang terjamin kelengkapannya

    makasih infonya mas

  20. hoeda

    @deddy
    coba pake FJB di-kaskus.us mas
    mereka nawarin jasa pembayaran diinternet
    jadi kalau barang gak cocok, pembelian bisa dicancel

  21. sangmane

    saya juga pake huawei e220 mulanya tidak ada masalah
    tapi saya tergiur dengan tawaran telkomsel flash. jadi saya download drivernya dari situs telkomsel lalu saya update.
    ternyata malah modem saya gak bisa dipakai ampe sekarang.
    1. karena jadi dilock sama telkomsenya
    2. simcard simpati saya juga gak ke ditect
    3. apa karena saya pake vista…?

    solusinya kira2 gimana yach…
    trim’s

  22. Sukarni

    Saya pake Huawei E220. Kadang kala, jaringan internetnya sering putus. Trus, bolehkah berbagi Kartu GSM yang irit.Hehe. Makasih yah!

  23. Thomas

    Artikel anda membuat saya juga yakin untuk membeli modem Huawei E220 USB. Tapi sekarang harganya skitar 1jtaan lhooo

  24. Wenk

    Unlock murah 100 rbu, gagal update firmware 100 rbu, Tidak terima kerusakan hardware(khusus masalah software di modem huawei E220)

    Domisili Bandung

    YM; wenk_naged
    HP; 085659033119

  25. sandy

    mas mau tanya, saya baru bli e220 di toko komp, trus untuk sambung ke internet apa harus daftar kesalah satu provider misal im2? dan apa bisa menggunakan sim card langsung tanpa daftar, misal im3 ato axis? trima kasih…

  26. Kodri KA

    Mas mau tanya, saya punya e220 dikasi kakak. 1. saya coba pakai sim
    im3, kok sinyalnya ngak muncul pake sim provider yg laen jg sm. 2.
    Di e220 ada berapa macam warna lampu indikator? artinya!. kalau
    warna ijo kedip-kedi maksudnya apa ya… 3. e220 bisa ngak pake sim
    yang biasa (im3,AS,Xl) apa harus sim khusus (im2,Telkomsel
    Flash,dll). M O H O N P E T U N J U K & S O L U S I, M A S….
    T H A N K S B E F O R E….

  27. hoeda

    Jawabna untuk mas Kodri :
    1. Bisa jadi modemnya masih di setting 3G only, sedangkan sinyal yang tersedia hanyalah sinyal GPRS/EDGE bukan 3G, caranya ubah saja setting modemnya menjadi 3G preffered.
    2. Saya sendiri tidak hapal, tapi sepertinya ada 3 warna, yang paling sering muncul adalah hijau untuk sinyal GPRS dan biru untuk sinyal 3G.
    Kalau lampu kedip2 itu artinya bisa jadi dia sedang searching sinyal.
    3. bisa aja, asalkan modemnya memang sudah diunlock sebelumnya.

  28. vtsu

    kl blh tanya,mnrt mas pk kartu apa yg bagus?apakah pk modem huawei
    E220 dah cukup?emang cpt panas yah?gmn ngerawatnya?terima kasih
    sebelumnya….

  29. hoeda

    @vtsu :
    error 619 itu biasanya karena ada kesalahan APn, coba delet APNnya dulu, trus bikin lagi yang baru, kalau masih tetep seperti itu, ya berarti ISPnya lagi trouble tuh
    SOal kartu yang bagus, relatif mas, cobain aja satu persatu…. hehehe
    ya selama inisaya pake modem ini kok, dan saya ngerasa cukup tuh…
    modem itu kalau dipake ya pasti panas mas, karena ada transfer data…
    ngerawatnya ? pake fan aja, ada kok artikelnya di blog ini…
    duh disebelah mana ya ?

  30. vtsu

    Thanks selama nih pertanyaan ku dijwb,eh tanya ni,knp pas lg konek
    tiba2 muncul win32 minta debug or close,knp yah?gara2 itu pasti
    disconnect.mendingan setting networknya di GSM or WCDMA?makasih
    sebelumnya

  31. vtsu

    mas gmn yah cr software regcure yg gratisan gitu tuh?sy cb tp
    paypal semua nih,thanks sebelumnya

  32. dede perigi

    ka … saya pengguna modem huawei e22o dengan menggunakn kartu
    matrix ane mau tanya cara mempercepat koneksi gmn?? apa dengan
    software pendukung atau gimana???

  33. Fadly

    Mas..
    Mau nanya nih…

    Aku make modem huawei e220,dengan kartu im3 di coba g mau jalan…

    Cara setting na gmana sih mas…

    Di tunggu jawaban na y mas…

  34. mau tanya donkfianz

    mau tanya donk…
    kenapa modem e220 tidak terdeteksi di kopmtr saya?
    padah udah coba beberpa kali install ulang windows xp nya?

    trus klu di kompter lain bisa. knp ya?
    apa tidak support dengan mthrbard nya?

    plz solusinya

    thx before

  35. ade

    mas sya bli e220 dah d install..dah bisa conect pki indosat gprs kcptn up to 53 kbs trus conect pling tinggi 7kbs gmn neyh conectna lma abiz..

  36. dhea

    mas saya mau tny saya pk modem huawei pk m2 broadband di laptop
    saya. tapi klo browsing internet lambat bgd. itu penyebabnya apa?
    apa krna modemnya atau hardware nya kurang memory? atau ada hal
    lain yang mempengaruhi. hrp di jelaskan yaa. -__-

  37. Agung

    Saya mau nanya nih mas.. modem E220 saya lg bermasalah nih, awalnya gara-gara operatornya yg lg error trus saya coba ganti sinyalnya ke GSM only tp sejak saya ganti modemnya jd kadang kedetek kadang gak kedetek di komputer kira2 bisa bantu gak mas permasalahan itu.. untuk jawabannya thanks banget ya mas

    1. admin

      coba balikin lagi aja mas settingnya.
      tapi pengalaman saya pribadi, kalau modem sudha seperti itu biasanya udah hampir tuh mas…

  38. Agung

    Setelah iseng saya flash firmwarenya alhamdulillah modem saya sdh bs berfunfsi kembali… terima kasih ya mas buat link software upgradenya..

  39. rere

    mas, apa kegunaan kabel usb huawei yang bercabang 2? n klo d colok k laptop/PC, d colokin dua2nya atau 1 aja?
    mohon bantuannya y???

    1. admin

      yang bercabang 2 untuk menambah power yang masuk pada modem, sebaiknya colok 2-2nya mas agar power cukup untuk modem

  40. widya

    MAS AKU BARU BELI MODEM HUAWEI E220 HSDPA ISI LOGO VODAFONE…UDAH TAK INSTALL..TAPI PAS CONECT LAMBAT BANGET PADAHAL SINYALNYA PENUH..KADANG PUTUS2..TRUS SERINGAN PAGE ERROR…AKU PAKE IM3..KNAPA MAHAL BANGET YA..SOLUSINYA DONG MAS..TRIMS

    1. admin

      kalo soal lambat, itu sebetulnya bukan karena modemnya, tapi karena ISPnya, coba ganti ISP yang lain…

  41. iqbal

    gimane cara setting internet dimodem huawei e220 pakei kartu simpati, sebab dari tadi ga bisa, thanks

  42. Nisa ^^

    Mas, mau tanya ya ini data nya ;
    laptop : acer
    modem ; huawei e1550
    aplikasi : mobile partner
    kartu : m3 biasa
    windows : vista ultimate

    pemakaian : mobile partner nya bwt ngenet ma jarkom.

    permasalahan : sdh 2mgu ini g bs bc sms masuk. tapi ttp bs kirim sms ke mana saja sebanyak apapun

    pertanyaan : kira2 kenapa ya mas? apa mobile partnernya atau apanya ini? thx ^^

    1. hoeda

      kenapa ga dicoba dulu pake kartu yang lain ?
      AS, simpati atau yang lain…
      kalao emang tetep seperti itu kemungkinan pertama seeting SMSnya ada
      yang salah
      kemungkinan kedua ya software mobile partner-nya yang bermasalah

  43. Ajastdry

    error 777 apa masalah nya mas, modem ku e220 juga..pake XL.
    ku colokkan ke PC error 777 tapi kalo laptop bisa, gak da masalah..

    1. hoeda

      Error 777 itu karena drivernya tidak terinstall dengan baik mas, coba instal ulang driver modemnya
      btw, OSnya pake apa? XP apa Vista? atau Win7?

  44. setya

    Mas hoeda, saya mau tanya dong, saya pake modem e220, coba upgrade firmware putus tengah jalan wal hasil modem saya sekarang cuma kedap-kedip lampunya. bisa bantu saya mungkin tempat service modem untuk permasalahan saya.
    atas bantuan informasinya Terima Kasih.

  45. hoeda

    @ mas setya: modemnya apa masih bisa dikenali oleh windows? kalo masih bisa coba didowngrade saja.
    kalau tempat service saya kurang paham mas, paling juga cuma di downgrade gitu

  46. dysrHey

    Q pke Modem E220, knneksi VPN XL . Bandwidth Upto 1,5MBps… Speed DL Upto 150KBps…. No Quota Unlimited… murah meriah mass…. cma 100rb/bln …..

    Modem Q tmbah ma USB Extender 15M …

    g’prnah dpet msalah, g prnah error…. Q pke wndows Vista Ultimate…. Ma’nyus….

    1. hoeda Post author

      awalnya bisa gak mas ?
      sejak kapan terjadi error 619 itu ?
      kalau menurut forum huawei begini mas : The error 619 usually caused by the network setting or SIM status .
      jadi penyebabnya bisa karena jaringan atau SIMnya yang error

  47. willy

    mas,,,modem vadofone e220 ku knapa ga bisa koneknya pakai kartu im3????
    jaringanny tertulis “No network”..

    Mohon pencerahannya

    1. hoeda Post author

      ada kemungkinan modemnya di lock mas, itu modem dari mana ? Telkomsel ? atau yang lain ? atau jangan2 setting networknya yang salah? coba dilihat, dan kalau bisa rubah jadi automatic

  48. Ardi

    Mas, mau tanya kalau setting huawei e220 untuk kartu XL gimana caranya ya? saya sudah mentok mencari caranya. Tolong bantuannya

  49. Asti

    Mas,mau nanya.ni modem E220 ku kok g muncul sinyalnya?aku pake simpati freedom.muncul tulisan wireless device does not exist or unavailable.

    Kira-kira,napa tuh mas?
    Thanks before…

    1. hoeda Post author

      biasnya alau seperti karena proses intslasi driver dan software kurang lengkap, coba pindah slot USBnya, dan lakuakn proses instalasi ulang.

  50. asti

    mas, mo nanya.
    modem huawei ku kok ga mau konek ke laptop ya?
    tulisannya WIRELESS DEVICE DOES NOT EXIST OR AN AVIABLE
    trus, ga bisa ngirim sms.
    kira2 apa penyebabnya yah?
    thanks be4.

  51. Yayan

    mau tanya mas,,
    saya menggunakan modem huawei etisalat e1550 dengan menggunakan kartu 3.
    nah ketika saya hubungkan, kecepatan koneksi hanya 236,8 Kbps, sementara ketika saya menggunakan hape nokia e63 yang saya fungsikan sebagai modem , kecepatannya mencapai 400 Kbps.
    Bagaimana cara mempercepat koneksi dengan menggunakan modem e1550 tersebut.
    Apakah ada setting yang salah??
    Terima kasih banyak mas.

    Best Regards.

    1. hoeda Post author

      itu ngukurnya pake apa mas?
      yang 400kbps itu murni speed modem? apa bukan speed koneksi antara HP dan PC? ketika kita pake HP sebagai modem, maka perlu dibedakan antara speed modem atau internet dan speed koneksi antara PC dengn HP

  52. finaa

    bisa tolong gak πŸ™
    modem huawei yg aku beli speednya cuma 236 kbps.
    serinya e160g, sumpah lelet bgt.
    ada cara gak supaya speed nya naik.
    apa ada setting khusus nya ga?
    soalnya yg akau baca dari browsing speed up to 384 kbps.

    1. hoeda Post author

      ada kemungkinan speed 236 kbps itu karena sinyal yang didapat cuma sinya GPRS, usahakan bisa dapat sinyal HSDPA.
      Kemungkinan kedua, pemakai internetnya berjibun, sehingga kepadatan pemakai yang menyebabkan speed jadi menurun
      Kemungknan ketiga, promosi ISP memang seperti itu, ada speed UP-TO 386kbps, itu speed maksimal yang mereka tawarkan dengan kondisi terbaik, tapi kalo kondisi tidak memungkinkan ya speed turun dengan sendirinya, dan itu udah biasa dalam dunia internet di Indonesia

  53. walid

    kalo di windows 7 gmn mas? soalnya saya pake bisa tp koq kayaknya agk lambat pdahal jaringan 3G

  54. rangga

    gan mau nannya kalo pake modem huawei tipe e220 kartu im3 kok internetnya lemot gitu padahal komputernya ga lemot lemot amat

    1. hoeda Post author

      internet lemot itu tidak da hubungannya dengan komputer yang kenceng
      internet ya internet, hardware komputer kenceng ya soal lain lagi.
      nah soal kenapa internet jadi lemot, itu biasanya ya karena saluran internetnya lagi penuh, terlalu banyak yang pakai, akhirnya terjadi bottle neck, ya perumpamaan ada jalan tidak terlalu besar, tapi yang pakai banyak, otomatis kan jadi pada pelan semua…
      Nah jalan itu yang kemudain disebut bandwidth.

  55. tokyo

    ntah kenapa akhir” ini modem huawei e220 punyaku jg sering muncul error 619 (masalah yg sama dialami ucup dan teman” lainnya), sepertinya ada masalah dengan port USB. mobile partner (aplikasi bawaan modem) harus diinstall di tempat kita colokin modem USB ke port USB di komputer. kebetulan saya pke provider ‘tiga’, cari paketan yg murah πŸ˜€

  56. Peter Schlote

    There are some interesting time limits in this article however I don’t know if I see all of them heart to heart. There may be some validity however I will take maintain opinion till I look into it further. Good article , thanks and we want more! Added to FeedBurner as properly

  57. malie gayo

    mas, bisa curhat tentang modem speed up SU-8900U gak hehehe..dua hari yang lalu saya baru membeli modem tersebut, tapi baru beberapa jam, udah jadi lelet, mengapa bisa demikian mas, apa trik trik yang bisa saya lakukan agar kecepatannya itu kembali seperti semula..
    sebelumnya saya ucapkan makasih banyak ya mas.

  58. aynha

    andai telkomsel bisa lebih cepat atau signalnya lebih banyak agar lebih cepat membuka sesuatu atau mendonload lebih cepat!!!!

  59. vanny

    berkali2 menginstal nya malah gagal terus,akhir nya ku bawa di tempat aku beli,,kata nya dah terkunci..gimana tu apa masih bisa dipakai?

Leave a Reply

Your email address will not be published.